Ribuan Hewan Ternak Dibawa Keluar Daerah

Sabtu 03-09-2016,14:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Sejak Agustus hingga awal September tahun ini, sekitar 2 ribu lebih hewan ternak khususnya sapi lokal dibawa ke luar daerah. Seperti Jambi, Padang dan Pekan Baru. Ini untuk memenuhi kebutuhan sapi menjelang Idul Adha.

“Permintaan dari luar daerah sangat banyak. Sejak Agustus hingga awal September ini  pedagang lokal telah menjual sapinya mencapai ribuan ekor,” ujar Kepala Bidang Peternakan  Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan  dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Jumadi dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Meskipun  banyak dibawa keluar, katanya, untuk kebutuhan masyarakat di dalam daerah, termasuk untuk persiapan hewan kurban dijamin cukup. Pihaknya memprediksi kebutuhan hewan kurban sekitar 500 ekor lebih atau hampir sama dengan tahun sebelumnya.

“Untuk ketersediaan hewan ternak  kita jamin cukup, bahkan lebih,” katanya.

Namun pihaknya tidak dapat menstabilkan harga  yang dijual pedagang ke konsumen. Bahkan pedagang lokal lebih banyak memilh dijual ke luar, karena harganya lebih tinggi. Seperti harga sapi lokal dengan berat sekitar 65 kg dijual dengan harga Rp 11 juta lebih  dan berat sapi diatas 80 kg sudah mencapai Rp 14 jutaan.

“Untuk harga kita tidak bisa intervensi. Tinggal lagi kesepakatan antara pedagang danpembeli.Sejauh ini belum ada informasi maupun laporan terkait sapi lokal ditemukan adanya penyakit yang berbahaya,” ungkapnya. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait