Danrem Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara

Sabtu 27-08-2016,09:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, BE - Komandan Korem (Damrem) 041 Gamas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad memberikan kuliah umum kepala seluruh mahasiswa baru Universitas Bengkulu (UNIB) di Gedung Serba Guna (GSB), kemarin (26/8).

Dalam kesempatan itu, Danrem menyampaikan mengenai pentingnya meningkatkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa dalam menghadapi perkembangan situasi saat ini.

Menurutnya, kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa perlu ditumbuhkan sejak dini, karena hal tersebut dapat menciptakan negara yang kokoh, kuat dan mandiri, terutama bagi mahasiswa, karena mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa.

\"Kita memberikan kuliah umum ini, agar adik-adik mahasiswa yang baru masuk ini lebih paham mengenai apa itu bela negara. Karena merekalah penerus perjuangan bangsa ini kedepan,\" terang Danrem.

Ia mengemukakan, kebanyakan generasi penerus saat ini, baik kalangan mahasiswa dan pelajar lainnya terkadang sudah lupa dengan perjuangan para pejuang dahulu, dan semangat bela negara. Demikian juga dengan wawasan kebangsaan yang kian lama kian luntur, padahal itu merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan negara yang maju, berkembang dan besar.

\"Siapa lagi kalau bukan kita yang memberikan pemahaman yang seperti ini, terkadang sudah diberikan kuliah umum dan pemahaman seperti ini saja masih banyak yang tidak peduli dengan bangsa ini, dan masih banyak yang tidak tahu apa itu bela negara,\" ungkapnya.

Dalam paparannya, ia menjelaskan, saat ini Bangsa Indonesia sedang krisis. Baik krisis pangan maupun krisis energi, padahal Indonesia lebih besar dari Malaysia, tetapi Malaysia lebih maju dan berkembang jauh mendahului Indonesia.

\"Oleh karena itulah kita memberikan pemahaman kepada para calon penerus bangsa ini, agar bisa menggunakan kemampuannya dalam belajar sehingga bisa menjadikan dan mengembalikan kejayaan negara ini kedepannya, dan bisa membuat Provinsi Bengkulu khususnya bisa maju dan berkembang lagi dari provinsi lainnya,\" ucapnya.

Danrem mengharapkan, yang hadir dalam kegiatan tersebut bisa menerapkannya dan mengambil inti sarinya sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

\"Kita harus semangat, bekerja keras dan pantang menyerah dalam memajukan Bangsa Indonesia dan Provinsi Bengkulu kedepannya, karena tanpa kalian semuanya nanti, bangsa kita akan ketinggalan jauh dari negara lain dan Provinsi Bengkulu semakin tertinggal. Jadi, mulai sekaranglah harus bangkit, kalau bukan sekarang, kapan lagi dan kalau bukan kita, siapa lagi,\" pungkasnya. (cw2)

Tags :
Kategori :

Terkait