TPA Dalam Perencanaan

Kamis 10-03-2016,12:00 WIB

 

SELUMA TIMUR, BE - Niat pemerintah Kabupaten Seluma memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) sampah ditahun 2016 sepertinya belum bisa terwujud. Sekalipun Pemda Seluma telah mengalokasikan lahan seluas 10 Hektar di Desa Talang Sali. Pasalnya, TPA itu masih dalam proses perencanaan pembangunan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu.

“Tahun ini baru perencanaan pembangunan TPA yang dikerjakan oleh Dinas PU Provinsi Bengkulu. Tim perencanaan telah ke lokasi beberapa waktu lalu,” tegas Kepala BLH dan KP Hadi Susanto SE MM melalui Kabid kebersihan Terry Irawansyah ST kepada BE kemarin (9/3).

Pembangunan TPA tersebut merupakan domainnya Dinas PU Provinsi Bengkulu. Termasuk dengan pembangunan fisiknya ditahun 2017 mendatang. Hanya saja, Pemda Seluma tetap terus melakukan pengawasan perencanaan maupun pembangunan fisik TPA tersebut kedepannya. Terkait pembangunan TPA itu Pemda Seluma hanya menyediakan lokasinya. yang telah resmi menjadi milik Pemda Seluma.

“Kita hanya menyediakan lokasi lahan saja termasuk dengan sertifikat lahan tersebut. Hal lainnya sepenuhnya kewenangan Dinas PU provinsi,” bebernya.

TPA yang bakal dibangun di Seluma sesuai dengan rencananya berstandar nasional. Termasuk juga dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang dihasilkan warga.

\"Untuk perencanaan pembangunan berdasarkan skala nasional dan fasilitas canggih dengan pemanfaatan sampah itu sendiri,” ujarnya. Dengan dibangunnya TPA ini, BLH dan KP juga mengharapkan dukungan dari Pemda Seluma dan DPRD Seluma mengalokasikan anggaran untuk pembelian kendaraan sampah, sekaligus pembayaran gaji tenaga kontrak kebersihan. Mengingat saat ini fasilitas untuk kebersihan ini Pemda Seluma masih sangat minim. Saat ini hanya ada 20 orang tenaga kebersihan yang sudah di kontrak.

\'\'Selama TPA dalam perencanaan pembangunan, pembuangan sampah tetap dilakukan di tempat pembuangan sementara (TPS) di Kelurahan Bunga Mas,\'\' tukasnya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait