Tunggu Surat Suara Pilgub

Sabtu 28-11-2015,12:42 WIB

TAIS, BE - Kendati pelipatan surat suara (SS) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) Seluma pada pukul 23.00 WIB hari Kamis (19/11) lalu, namun pendistribusian surat suara tersebut belum bisa dilakukan. Karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma masih harus menunggu surat suara pemilihan Gubernur (pilgub) dari KPU Provinsi Bengkulu terlebih dahulu.

“Kendati telah selesai KPU belum bisa mendistribusikan surat suara, mengingat masih harus menunggu SS Pilgub dari KPU Provinsi. Pendistribusian surat suara pilbup dan pilgub akan disamakan,” tegas Anggota KPU Seluma Devisi Logstik Deny Erdiansyah SH MH didampingi Kasubag Perencanaan dan Logistik Arman kepada BE kemarin.

Saat penyortiran surat suara pilbup ditemukan sejumlah kerusakan dan ada suara tanpa gambar. Total surat suara rusak itu 120 lembar. Kerusakan itu akan diklaim kembali ke perusahaan percetakan. Sebanyak 147.891 lembar surat suara telah selesai dilipat dan 148.087 telah disortir.

“Kerusahan surat suara akan kita sampaikan ke perusahaan dan masih menjadi tanggung jawab percetakan, sehingga akan kembali untuk diganti,” sampainya

Denny menegaskan, walaupun belum didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), namun surat suara itu sudah bisa dibagikan kesetiap kecamatan yang sudah diatur pembagiannya untuk kedesa. Dengan begitu saat pendistribusian ke PPS nanti, KPU tidak disulitkan lagi. Mengingat KPU Provinsi Bengkulu hanya mengirimkan surat suara itu dalam bentuk lembaran bukan dalam bentuk yang sudah dilipat.

“Surat suara pilgub itu terlebih dahulu harus tetap disortir dan dilipat oleh petugas yang ada, sehingga selesai dilipat barulah bisa di distribusikan,” sampainya.

Jumlah surat suara pilbup dan pilgub disamakan, hanya kantong pembungkunya saja yang dibedakan agar tidak salah atau tertukar. Pendistribusiannya nanti tetap dibawah pengawalan kepolisian dan panwas.

“Kita berharap SS untuk pilgub bisa sampai segera ke Seluma mengingat masih membutuhkan waktu untuk penyortiran dan pelipatannya. Lebih cepat sampai lebih baik untuk pengirimannya,” ucapnya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait