Pilpres, Partisipasi Pemilih Menurun

Selasa 15-07-2014,20:25 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS, BE- Tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun ini cenderung menurun. Hal ini diduga akibat bertepatan dengan bulan Ramadhan dan semifinal piala dunia.

“Dari perhitungan sementara ini menunjukkan 72 persen menurun dibandingkan pada Pilleg beberapa waktu lalu,” kata  Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Seluma didampingi Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Sarjan Effendi SPd.

Tingkat antusis warga ini juga terjadi lantaran hubungan emosional dengan pasangan dalam Pilpres ini dibandingkan dengan Pilleg. Sehingga masyarakat banyak yang tidak memberikan hak suaranya di Tempat Pemunggutan Suara (TPS).

Bahkan, meski petugas telah memanggil dengan pengeras suara di masjid-masjid, namun animo masyarakat masih minim. “Upaya sosialisasi telah dianggap maksimal dengan memasang baliho dan sepanduk di setiap desa,” jelasanya.

Kendati aman dan lancar, ternyata minat masyarakat mendatangi TPS justru menurun dibandingkan pileg. Tak jarang agar masyarakat segera mendatangi TPS, petugas menggunakan pengeras suara di masjid meminta masyarakat pemilih segera hadir ke TPS untuk memberikan hak suaranya.

Disisi lain, Surat suara hasil pleno di PPK telah sampai di KPU meliputi Kecamatan Sukaraja, Air Periukan, Ilir Talo, Semidang Alas Maras, Seluma Kota dan Talo Kecil. Sedangkan untuk kotak suara yang lainnya masih menyusul ke KPU Seluma. “Kita akan melaksanakan Pleno di tingkat KPU pda tanggal 16 hingga 17 mendatang di hotel Arnanda,”sampainya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait