Syarat CPNS, Usia Maksimal 35 Tahun

Sabtu 07-09-2013,12:37 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU,BE - Syarat mengikuti tes CPNS 2013 dibatasi maksimal 30 tahun dan minimal 18 tahun, terhitung mulai tanggal (TMT) pada 1 Oktober 2013. Selain itu, harus memiliki ijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakredirasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) minimal B.  \"Atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,\" kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Tarmizi, BSc SSos, kemarin. Dia menegaskan, surat keterangan lulus/Ijazah sementara tidak berlaku. Selain peserta juga harus sehat jasmani dan rohani. Juga, tidak terikat hubungan kerja/ikatan dinas dengan Instansi Pemerintah atau Badan Swasta lainnya. Calon pelamar CPNS Pemprov dan Kabupaten/Kota  agar mengirimkan dokumen lamaran lengkap dikirim ke panitia penerimaan CPNS pada Badan Kepegawaian Daerah. \"Peserta juga harus tetap mendaftar melalui online, namun berkasnya dikirim via Kantor Pos,\" katanya. Dia mengatakan, pendaftaran secara online dilaksanakan hingga  28 September 2013 jam 24.00 waktu setempat. Verifikasi berkas lamaran lengkap di masing-masing instansi sejak pendaftaran dibuka, hingga 28 September 2013, jam 08.00 - 16.00 waktu setempat. \"Pelamar hanya dapat mendaftar pada satu formasi,\" katanya. Sedangkan syarat khusus, pelamar harus telah terdaftar sebagai tenaga pencari kerja pada bursa kesempatan kerja Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Selanjutnya, membuat surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam dengan melampirkan. \"Seperti biaisanya melampirkan daftar riwayat hidup  meliputi pendidikan formal dan informal Serta pengalaman,\" jelasnya. Khusus pendidikan formal harus dituliskan dari mulai Sekolah Dasar sampai dengan pendidikan terakhir, nama lembaga pendidikan, tahun lulus pendidikan dan nilai rata-rata ijazah atau IPK. Syarat yang harus dilampirkan, fotocopy legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). \"Ada juga fotocopy legalisir Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku,\" jelasnya. IPK Minimal 2,75 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tahun ini membuka 53 lowongan CPNS untuk mengisi formasi pada 43 jabatan, mulai dari operator computer, analis, sampai auditor. Pendaftaran dimulai 6 sampai 20 September 2013. Dari jumlah itu, menurut Sekretaris KemenPAN-RB Tasdik Kinantoada, ada  dua formasi khusus. Yakni satu orang untuk putra-putri terbaik Papua dan satu penyandang cacat tuna daksa. Formasi bagi putra-putri Papua untuk mengisi jabatan perencana pada Biro Perencanaan dan Manajemen Kinerja, dengan syarat pendidikan lulusan S1 Akuntansi. Sedangkan formasi untuk tuna daksa, akan diposisikan  sebagai pranata komputer pada Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik. Pelamar diutamakan yang memahami dan menguasai dasar-dasar pemrograman komputer, dengan pendidikan S1 Ilmu Komputer/Sistem Informasi/Manajemen Informatika/Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknik Informatika. \"Persyaratan khusus bagi pelamar antara lain, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling kurang 3.00 untuk S2, 2.75 untuk S1 dan DIII. Sedang untuk lulusan SMK, nilai rata-rata  pada ijazah paling kurang 7.00. Di samping itu juga mensyaratkan TOEFL,\" paparnya. Tata cara pelamaran dan persyaratan administrasi, serta materi, jadwal tes, dan lain-lain, dapat dilihat pada website resmi KemenPAN-RB.  Calon pelamar juga dapat mengunduh lampiran pengumuman dan mendaftar pada website tersebut. \"KemenPAN-RB mengedepankan transparansi, maka peserta CPNS diminta untuk tidak mempercayai apabila ada oknum yang menjanjikan bisa membantu untuk dapat diterima sebagai CPNS KemenPAN-RB,\" tegasnya. KKP Rekrut 325 CPNS Sementara itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2013 merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejumlah 325 orang untuk pelamar umum, yang akan ditempatkan/ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan KKP di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jumlah tersebut merupakan tambahan formasi CPNS berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 161 Tahun 2013. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja di Kantor KKP Jakarta, Jumat (6/9). Proses recruitment CPNS KKP tahun 2013 memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Menurut Sjarief, selain pelamar harus mengajukan lamaran secara online melalui situs www.ropeg.kkp.go.id, pelamar juga diwajibkan memilih salah satu jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan, alokasi/jumlah lowongan jabatan, dan penempatan. “Yang berbeda, tahun ini pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali secara online dan tidak dapat diubah. Untuk itu pelamar diharuskan mempelajari terlebih dahulu petunjuk pengisiannya,” jelas Sjarief. Pendaftaran CPNS KKP ini digelar secara online sejak tanggal 5 September  dan akan berakhir pada 19 September. Pelamar yang akan mendaftar menjadi CPNS KKP setidaknya harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan tambahan yang ditetapkan Biro Kepegawaian KKP, seperti ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan usia pelamar. IPK bagi pelamar Sarjana (SI)/Diploma IV dan Diploma III ditetapkan minimal 2,65 sedangkan bagi pascasarjana (S2) minimal 3,00. Sedangkan untuk pelamar Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM)/SMK Perikanan nilai rata-rata minimal 6,5 (negeri) dan 7 (swasta).  Selain itu pelamar serendah-rendahnya berusia 18 tahun pada tanggal 5 September 2013 dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 31 Desember 2013. Pelamar yang telah memenuhi syarat akan melewati beberapa tahapan pengadaan CPNS meliputi seleksi administrasi, pengesahan tanda peserta ujian CPNS dan registrasi ulang, ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD), ujian Tes Kompetensi Bidang, Psikotes dan Wawancara. Tempat pelaksanaan ujian TKD dibagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Jakarta dan Daerah. Wilayah Jakarta akan dilaksanakan mulai tanggal 9-13 Oktober dan 16-20 Oktober 2013 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta. Wilayah daerah dilaksanakan mulai tanggal 23-30 Oktober 2013 yang dibagi menjadi 5 (lima) lokasi yaitu Balai Diklat Perikanan Belawan, Balai Diklat Perikanan Tegal, Akademi Perikanan Sidoarjo, Akademi Perikanan Bitung, dan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makasar. \"Pelaksanaan recruitment ini tidak dipungut biaya apapun dan berkas lamaran sepenuhnya menjadi milik KKP. Pengumuman hasil ujian TKD dan hasil akhir pengadaan CPNS Tahun 2013 ini akan ditentukan kemudian dan keputusan hasil seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat,” tutup Sjarief. Informasi resmi yang terkait recruitment dapat dilihat melalui situs resmi Biro Kepegawaian KKP : www.ropeg.kkp.go.id. Kemenko Perekonomian Begitu pula dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2013 untuk tingkat S1, S2, dan S3. Hanya saja jumlah formasi yang dibutuhkan secara keseluruhan adalah 67 orang. “Penerimaan ini memberikan kesempatan kepada 1 (satu) formasi khusus bagi putra/putri Papua, yakni yang salah satu orang tuanya asli Papua,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Eddy Abdurrachman. Dijelaskan, pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website https://rekrutmen.ekon.go.id mulai tanggal 9 – 23  September 2013. Persyaratan antara lain pada tanggal 1 Desember 2013, berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal: 28 (dua puluh delapan) tahun untuk S1; 30 (tiga puluh) tahun untuk S2; atau 35 (tiga puluh lima) tahun untuk S3. Lebih lanjut dijelaskan bahwa penyandang disabilitas dapat mengajukan lamaran untuk jabatan penatausaha. Dia tegaskan, Para Pelamar tidak dipungut biaya dan Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Selain itu Panitia tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan secara langsung ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Panitia tidak melayani korespondensi dalam bentuk apapun. Lebih lanjut dia katakan, kelulusan Pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan meminta imbalan tertentu, perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut. Menurut dia, seleksi penerimaan akan melalui empat tahap dengan sistem gugur yang meliputi seleksi/verifikasi administrasi; tes kompetensi dasar (TKD) dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), meliputi Tes Wawasan Kebangsaaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi; serta terakhir Tes Kompetensi Bidang (Asesmen). Tes akan diadakan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jalan Medan Merdeka Barat No. 7 Lt. 1, Jakarta. Informasi lebih rinci, tata cara pelamaran, dan pengumuman setiap tahapan ditayangkan secara online dan dapat dilihat pada portal Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: https://rekrutmen.ekon.go.id. Pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sedang marak dilakukan di lingkup instansi pemerintah. Kali ini, giliran Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membuka 50 lowongan kerja bagi lulusan Sarjana Strata 1 (S-1) dan Diploma III (D-III) untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan instansinya. Ketua PPATK Agandhi, menyebutkan registrasi pendaftaran CPNS bisa dilakukan secara online pada 3 - 17 September 2013 di https://sscn.bkn.go.id. \"Setelah melakukan registrasi, pelamar wajib mengirimkan dokumen lamaran,\" kata dia dalam laman Sekretariat Kabinet, Jumat (6/9). Dokumen meliputi hasil cetak (print out) nomor registrasi online, surat lamaran yang ditandatangani pelamar, daftar riwayat hidup yang ditandatangani sendiri oleh pelamar, fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Kemudian pas foto terbaru sebanyak 4 lembar ukuran 3x4 (berwarna) dengan latar belakang biru dan nama pelamar ditulis di belakang pas foto; fotokopi KTP yang masih berlaku, dan foto kopy sertifikat Institutional TOEFL Prediction yang masih berlaku pada tanggal 22 September 2013. Dokumen lamaran ditujukan kepada Ketua Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Tahun Anggaran 2013 dengan alamat PO BOX 3300 JKT 10033 Jakarta dan diterima paling lambat tanggal 22 September 2013. Adapun rincian lowongan dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan sebagai berikut: Asisten Analis Transaksi keuangan (16 orang) bagi lulusan sarjana ekonomi, akuntansi, manajemen dan hukum.  Asisten peneliti transaksi keuangan (2 orang) bagi lulusan sarjana ekonomi, akuntansi, manajemen dan hukum. Asisten pengawas kepatuhan (14 orang) bagi lulusan sarjana ekonomi, akuntansi, manajemen dan hukum. Asisten perancang perundang-undangan (1 orang) bagi sarjana lulusan hukum. Asisten penghubung kerjasama dalam negeri (2 orang) bagi lulusan sarjana hubungan internasional, hukum dan administrasi publik. Asisten penghubung kerjasama Luar Negeri (2) bagi lulusan hubungan internasional dan hukum. Asisten pemantau sistem (2 orang) bagi lulusan teknik informastika, komputer, elektronika dan telekomunikasi. Asisten pemelihara kualitas teknologi informasi (4 orang) bagi lulusan teknik informatika, komputer, elektronika dan telekomunikasi. Asisten system expert engineer (2 orang) bagi lulusan teknik informatika, komputer, elektronika dan telekomunikasi. Operator entry data riset dan analisis (3 orang) bagi lulusan D-III teknologi komputer, teknologi informatika, sistem informasi, manajemen informatika, keuangan, Administrasi Keuangan dan Sekretaris. Operator Entry Data Pengawasan Kepatuhan (3 orang), D-III teknologi komputer, teknologi informatika, sistem informasi, manajemen informatika, keuangan, administrasi keuangan dan Sekretaris. (**)

Tags :
Kategori :

Terkait