5 Kada, Calon Gubernur 2015

Senin 17-06-2013,12:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Siapakah tokoh yang bakal bersaing pada pemilihan gubernur Bengkulu 2015-2020?   Direktur Bengkulu Development Watch (BDW) Dian Syaputra SIP memprediksi tokoh yang bakal bersaing dalam pemilihan wakil gubernur 2015-2020 adalah para kepala daerah dan wakil kepala daerah (Kada dan Wakada) yang berkuasa saat ini.  Mereka adalah Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, Bupati Bengkulu Utara H Imron Rosyadi,  Walikota Bengkulu  Helmi Hasan, Anggota DPD RI (Wagub terpilih) Sultan B Najamudin dan Bupati Kepahiang Bando Amen C Kader. Ini berdasarkan tingkat popularitas yang sangat tinggi di kalangan masyarakat Provinsi Bengkulu. \"Lima tokoh ini berpeluang untuk maju Pilgub 2015-2020.  Selain memiliki modal politik juga memiliki popularitas yang cukup tinggi di kalangan masyarakat,\" ujar Dian.

Dia mengatakan, peta politik dapat terbaca secara jelas setelah Pemilu legislatif 2014. Partai-partai yang memiliki kursi terbanyak akan mengusung calon gubernur sendiri. Terlebih partai politik tersebut memiliki tokoh yang layak dijual.  \"Namun Pilgub juga sangat tergantung dengan ketokohan, meski tidak memiliki Parpol, Cagub bisa membeli partai yang tidak memiliki kader untuk dicalonkan,\" katanya. Tidak menutup kemungkinan Cagub yang muncul akan lebih banyak lagi, tetapi kemenangan sangat ditentukan cara mendekati rakyat. \"Cagub harus memiliki jiwa petarung, dalam artian harus berani mati-matian merebut kursi gubernur,\" jelasnya. Pengamat Politik Unib Drs Lamhir Syamsinaga MSi mengatakan bahwa calon gubernur 2015 sangat tergantung dengan perolehan hasil Pemilu 2014 nanti.  Karena akan mempengaruhi Parpol pengusung.  \"Kalau sekarang tokoh-tokoh yang mau maju melakukan sosialiasi sah-sah saja, dengan memperlihatkan kerja yang baik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat akan menilai,\" katanya. Dia mengatakan, kepala daerah yang akan maju sebagai gubernur agar bekerja dengan baik dan menghindari adanya cacat hukum.  \"Jika kepala daerah bekerja dengan baik akan dicintai masyarakat. Sehingga tidak perlu kampanye, masyarakat sudah senang,\'\' katanya. Ditambahkannya perlu belajar dari Jokowi, yang sukses menata Kota Solo, sehingga menang menjadi Cagub DKI Jakarta.  \"Prestasi bisa menjadi modal untuk meraih jabatan yang lebih tinggi,\" tegasnya. (100)

1. Bupati BU H Imron Rosyadi 2. Gubernur H Junaidi Hamsyah 3. Walikota H Helmi Hasan SE 4. Wagub Sultan B Najamudin 5. Bupati Kepahiang Bando Amen C Kader

Tags :
Kategori :

Terkait