Kenali Kandungan, Manfaat, dan Cara Mengolah Daun Cincau Hijau

Kamis 10-10-2024,19:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkan Anda merasakan manfaat mengonsumsi daun cincau hijau? Daun cincau hijau, yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Cyclea barbata atau Premna oblongifolia, adalah salah satu bahan alami yang populer di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand. 

Daun ini umumnya dikenal sebagai bahan utama dalam pembuatan cincau, sejenis minuman atau makanan penutup yang sering disajikan sebagai pelepas dahaga sekaligus menawarkan sensasi menyegarkan. 

Selain itu, daun cincau hijau memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional sebagai obat herbal untuk berbagai masalah kesehatan, seperti panas dalam, gangguan pencernaan, dan tekanan darah tinggi.

Ada beberapa manfaat cincau hijau yang sayang untuk Anda lewatkan. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara mengolahnya? Simak ulasan berikut. 

BACA JUGA:Dikenal Manis dan Segar, Inilah 5 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook

Kandungan Daun Cincau Hijau 

Cincau hijau dibuat dengan cara meremas daun-daunnya yang menghasilkan cairan kental yang kemudian dibiarkan mengeras menjadi gel alami. 

Gel ini tidak hanya digemari karena tekstur yang lembut dan rasa yang netral, tetapi juga karena kandungan gizinya yang berlimpah. 

Daun cincau hijau memiliki berbagai senyawa bioaktif seperti flavonoid, polifenol, saponin, klorofil, dan beberapa vitamin serta mineral. 

Kehadiran senyawa-senyawa ini memberikan efek farmakologis yang beragam, seperti sebagai antioksidan, antiradang, penurun demam, hingga pelindung sistem pencernaan.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Ubi Jalar dan Cara Mengonsumsinya

BACA JUGA:5 Tips Mengonsumsi Madu dengan Benar Agar Manfaatnya Lebih Maksimal

Manfaat Utama Daun Cincau Hijau

Berikut ada beberapa manfaat daun cincau hijau yang bisa Anda ketahui. 

  • Membantu Menurunkan Panas
Kategori :