Begini Cara Paling Efektif Mengatasi OCD yang Kambuh Secara Tiba-tiba

Senin 23-09-2024,15:49 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) adalah gangguan mental yang ditandai oleh pikiran obsesif dan perilaku kompulsif yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Bagi banyak individu, episode OCD dapat muncul kembali meskipun mereka telah menjalani perawatan atau terapi. Ketika gejala OCD kambuh, penting untuk memiliki strategi yang efektif untuk mengelola dan mengatasi keadaan tersebut.

Menghadapi kambuhnya gejala OCD bisa menjadi tantangan yang berat, baik secara mental maupun emosional. 

Namun, dengan pemahaman yang tepat dan pendekatan yang proaktif, individu dapat mengurangi dampak dari gejala tersebut dan meningkatkan kualitas hidup mereka. 

Ada berbagai cara untuk mengatasi OCD yang kambuh secara tiba-tiba, termasuk teknik coping, dukungan sosial, dan pentingnya perawatan profesional. Berikut diantaranya. 

BACA JUGA:8 Daftar Makanan yang Dapat Menyeimbangkan PH Dalam Tubuh

BACA JUGA:Kenali 9 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Untuk Kesehatan

1. Pahami dulu OCD

Menyadari bahwa OCD adalah gangguan kecemasan adalah langkah awal yang penting dalam memahami cara mengendalikan gejalanya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry (2020) menunjukkan bahwa sekitar 1% orang dewasa di seluruh dunia menderita OCD pada suatu saat dalam hidup mereka.

Wanita 1,6 kali lebih mungkin menderita OCD dibandingkan pria. Gejala OCD biasanya pertama kali muncul saat pengidapnya berusia di bawah 20 tahun.

2. Ketahui apa yang membuat Anda gugup

Pikirkan situasi yang membuat Anda gugup. Biasanya Anda tahu ketakutan itu tidak realistis, namun Anda merasa tidak berdaya untuk berhenti mengkhawatirkannya.

BACA JUGA:Ternyata Menu Sarapan Paling Sehat di Dunia Ada di Indonesia, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:Ingin Cuci Darah Secara Alami, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Kategori :