Ikuti 10 Cara Melumasi Rantai Motor yang Benar Agar Cegah Kehausan dan Kurangi Gesekan

Sabtu 07-09-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rantai motor adalah komponen yang berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang.

Karena fungsinya yang krusial, rantai motor harus dijaga dengan baik agar tetap berfungsi secara optimal. Salah satu cara perawatan rutin yang penting adalah pelumasan rantai.

Pelumasan yang tepat dapat mencegah keausan, mengurangi gesekan, dan menghindari karat yang bisa menyebabkan kerusakan pada rantai dan sprocket. 

Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan penting untuk Anda ketahui jika melumasi rantai motor dengan benar juga dapat meningkatkan performa motor dan keselamatan berkendara.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Permasalah Motor Matic yang Sering Terjadi

BACA JUGA:Begini Cara Cek Aki Motor Kering Masih Bagus Atau Tidak

Selain itu, dengan mengetahui dengan baik langkah-langkah yang diperlukan, pemilik sepeda motor dapat memastikan rantai tetap berfungsi secara optimal, mengurangi gesekan yang berlebihan, dan memperpanjang umur pakai seluruh sistem rantai motor. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dengan lengkap dan detail saat membersihkan rantai motor dan melumasinya:

1. Persiapkan Motor

Langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah pastikan motor dalam keadaan mati dan dingin. Ini mencegah cedera dari bagian motor yang panas serta memastikan bahwa pelumas dapat diterapkan dengan benar.

Gunakan dongkrak atau stand motor untuk mengangkat roda belakang jika perlu, sehingga rantai bisa diputar dengan mudah dan Anda bisa melakukan pelumasan dengan lebih nyaman.

BACA JUGA:Simak Spesifikasi Honda Rebel 1100 dan Harga Terbaru

BACA JUGA:Simak 6 Cara Memasang Anti Storing Audio Mobil dengan Benar

2. Peralatan yang Tepat

Pastikan Anda memiliki peralatan yang tepat untuk membersihkan rantai, seperti sikat rantai khusus atau sikat gigi bekas yang tidak lagi digunakan. 

Kategori :