Miliki Segudang Manfaat, Inilah 8 Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambut

Selasa 20-08-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Rambut yang sehat tentu memiliki pertumbuhan rambut yang normal. Namun, beberapa faktor, seperti pola makan, kebiasaan menggunakan hair styling, hingga usia dapat memperlambat pertumbuhan rambut.

Di sisi lain, santan kelapa mengandung minyak esensial dan protein yang tidak hanya baik untuk rambut, tetapi juga kulit kepala. Dengan penggunaan rutin, maka kulit kepala senantiasa sehat dan merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, kulit kepala juga akan menjadi lebih sehat dan bebas dari permasalahan rambut seperti ketombe, gatal, dan lainnya.

BACA JUGA:Jadi Sering Buang Air Kecil, Kenali Tanda-tanda Gula Darah Naik

BACA JUGA:5 Akibat Memberi Keluarga Makan Riba, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

7. Mencegah Timbulnya Uban

Munculnya uban di usia muda memang dapat mengurangi rasa percaya diri. Tumbuhnya rambut berwarna abu keputihan ini terjadi karena zat penghasil metanin yang membuat rambut menjadi hitam itu tidak berfungsi.

Nah, salah satu cara mengatasi agar tidak tumbuh uban di usia dini adalah pola hidup yang sehat dan perawatan rambut yang tepat. Salah satunya adalah menggunakan santan kelapa. Hal ini dikarenakan kandungan santan baik untuk rambut.

Terutama kandungan vitamin B12, C, dan E pada santan yang membuat rambut lebih sehat, berkilau, dan memperlambat proses penuaan dini.

8. Melindungi Rambut dari Kerusakan

Rambut sering mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari, penggunaan alat styling panas, dan bahan kimia. Santan bertindak sebagai lapisan pelindung alami yang melindungi rambut dari kerusakan lebih lanjut. 

BACA JUGA:Jadi Sering Buang Air Kecil, Kenali Tanda-tanda Gula Darah Naik

Dengan membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambut, santan membantu mengurangi kerusakan dan mempertahankan kelembapan di dalam rambut.

Itulah manfaat santan untuk kesehatan rambut. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan santan, kamu bisa menggunakan masker rambut alami yang dapat digunakan secara rutin. 

Kategori :