Kaya Akan Kandungan Nutrisi, Kenali 10 Manfaat Teh Spearmint untuk Kesehatan

Kamis 15-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Spearmint diyakini dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres dengan berinteraksi dengan reseptor GABA pada otak. GABA adalah neurotransmitter yang terlibat dalam mengurangi aktivitas saraf.

2. Baik untuk Gangguan Pencernaan

Memiliki kandungan senyawa (-)-carvone, yang secara alami ditemukan dalam spearmint, telah terbukti sangat menghambat kontraksi otot di saluran pencernaan.

BACA JUGA:Kulit Gatal dan Merandang Karena Eksim? Ini Pantangan yang Harus Dihindari

BACA JUGA:12 Manfaat Peach Gum, Getah Pohon Persik yang Menyehatkan

Tak heran jika teh spearmint umumnya digunakan untuk membantu meringankan gejala gangguan pencernaan, mual, muntah dan gas. 

3. Melindungi dari Radikal Bebas

Teh spearmint dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini karena antikoksidan yang terkandung dalam spearmint merupakan senyawa alami  yang membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. 

Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dikaitkan dengan beberapa kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

4. Melawan Infeksi Bakteri

Teh spearmint tea sangat bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri. Dengan manfaat yang dimiliki minuman yang satu ini, tidak hanya menyegarkan napas saja, spearmint juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut.

BACA JUGA:Sering Overthingking? Simak 5 Cara Menghilangkannya Agar Tidak Berdampak pada Kesehatan Mental

BACA JUGA:Amandel Sembuh Tanpa Operasi, dr Zaidul Akbar Sarankan Pakai 3 Bahan Alami Ini

Selain itu, ada pula penelitian telah menemukan bahwa minyak esensial spearmint efektif melawan beberapa jenis bakteri berbahaya. Teh spearmint juga telah terbukti bekerja melawan bakteri penyebab penyakit bawaan makanan, termasuk E. coli dan Listeria.

5. Mengatasi insomnia

Teh spearmint bisa dikonsumsi rutin untuk mengatasi kesulitan tidur di malam hari atau insomnia.

Kategori :