Rutin Jadi Pendonor? Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Rabu 07-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu pernah donor darah? Meski dihindari oleh sebagian orang, donor dara memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Aktivitas donor darah di Indonesia menjadi salah satu kegiatan sosial yang sering digalakkan. Pasalnya, setiap tahun dibutuhkan jutaan kantong darah agar bisa memberi harapan hidup orang lain. 

Aktivitas ini dapat menjadi kewajiban setiap masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Salah satu manfaat donor darah adalah membantu resipien untuk penyembuhan atau pemulihan, yang disebabkan kondisi medis seperti kehilangan darah dalam jumlah besar karena trauma, operasi, syok, dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah.

Tak hanya bermanfaat untuk orang lain, donor darah juga memiliki manfaat bagi pendonor. Adapun manfaatnya dapat disimak pada ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Baik Untuk Kesehatan Enzim, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Makanan Ini Setiap Hari

Berikut manfaat donor darah bagi pendonor yang perlu diketahui. 

1. Mengetahui Golongan Darah

Salah satu manfaat donor adalah mengetahui golongan darah secara gratis. Meski banyak orang telah mengetahui golongan darahnya, tak menutup kemungkinan calon pendonor tidak menyadarinya. 

Dengan mengikuti donor darah, calon pendonor akan mendapatkan kepastian perihal golongan darahnya tanpa harus membayar.

2. Menurunkan Berat Tubuh

Mendonorkan darah dapat membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan, seseorang yang mendonorkan darahnya sebanyak 450 cc setara baginya dengan membakar kalori sebanyak 650 kalori. 

Donor darah menjadi salah satu langkah untuk mencegah kegemukan sekaligus mendapatkan berat badan ideal bila diikuti dengan pola hidup sehat. Itu sebabnya, donor darah juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal dan menjauhkan Anda dari risiko obesitas.

BACA JUGA:Mabuk Durian Bikin Kapok? Ini Dia 5 Cara Ampuh Mengatasinya

3. Mendeteksi Penyakit Serius

Ini menjadi salah satu manfaat langsung yang didapatkan oleh pendonor. Setiap kali hendak mendonorkan darah, Anda akan menjalani pemeriksaan dasar rutin, seperti pemeriksaan berat badan, suhu tubuh, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin.

Kategori :