Mengandung Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tubuh, Ini 6 Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Selasa 06-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rebung adalah tunas bambu muda yang tumbuh dari akar atau batang bambu. Di berbagai budaya, terutama di Asia, rebung telah lama digunakan sebagai bahan makanan yang lezat dan juga sebagai obat tradisional. 

Sebagai salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi, rebung memiliki berbagai manfaat kesehatan yang patut untuk diketahui. Rebung kaya akan serat, vitamin, dan mineral, serta rendah kalori, menjadikannya pilihan makanan yang sehat. 

Rebung dapat diolah menjadi aneka hidangan, mulai dari tumis rebung, semur, sup, hingga campuran dalam sayur lodeh dengan cita rasa yang lezat. 

Tak hanya rasanya yang lezat, manfaat rebung bagi kesehatan juga tidaklah sedikit. Manfaat ini berkat beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, berikut manfaat yang bisa kamu ketahui. 

BACA JUGA:Ingin Mengatasi Haid yang Berlebihan, dr Zaidul Akabr Sarankan Minum Ini Sebelum Makan

1. Menyehatkan dan melancarkan pencernaan

Rebung adalah salah satu sumber serat yang baik. Kandungan serat yang tinggi pada rebung diketahui bermanfaat untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. 

Rebung juga diketahui memiliki efek prebiotik yang baik untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak. Salah satu jenis makanan tersebut adalah rebung.

Tak hanya baik untuk menjaga berat badan tetap ideal, rebung juga baik dikonsumsi saat diet. Hal ini dikarenakan rebung rendah kalori dan lemak, tetapi banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral.

BACA JUGA:Jadi Fenomena Terbaru, Ini Penyebab, Gejala Gagal Ginjal pada Anak dan Biaya Cuci Darahnya

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah Anda dari serangan penyakit, khususnya penyakit infeksi virus, seperti flu.

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, termasuk rebung. Hal ini dikarenakan rebung kaya akan protein, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Kategori :