Mengandung Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Tubuh, Ini 6 Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Selasa 06-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada rebung tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Manfaat rebung ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Kaki Terasa Gatal karena Kutu Air, Ketahui 5 Penyebabnya Berikut Ini

5. Mencegah penyakit kardiovaskular

Rebung mengandung banyak serat, protein, antioksidan, serta kalium. Berkat kandungan berbagai macam nutrisi tersebut, rebung baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Beberapa riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak rebung dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada rebung.

Untuk memaksimalkan manfaat rebung yang satu ini, Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, misalnya dengan tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, serta mengurangi stres.

BACA JUGA:Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

Itulah manfaat rebung untuk kesehatan. Dengan segala manfaat yang ditawarkannya, tidak heran jika rebung menjadi salah satu bahan makanan yang populer di berbagai belahan dunia, terutama di negara-negara Asia. 

Menambahkan rebung dalam menu makanan Anda bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas diet dan kesehatan secara keseluruhan.

Kategori :