Kaki Terasa Gatal karena Kutu Air, Ketahui 5 Penyebabnya Berikut Ini

Rabu 31-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Sebab air kotor bekas cucian, di dalamnya banyak kuman jahat. Ketika di buang lalu mengenai kaki, dan kuman akan menempel disana.

Itulah mengapa kebanyakan ibu-ibu kerap mengalami kutu air. Ini karena ibu-ibu merupakan kelompok yang kerap kali terkena air cucian saat melakukan aktivitas rumah tangga. 

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Klorofil untuk Kesehatan, Dapat Kurangi Bau Badan dan Jerawat

4. Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh

Berjalan tanpa alas kaki di tempat umum juga bisa menyebabkan kutu air. Pastikan kamu selalu menggunakan sandal atau sepatu saat bepergian.

Kalau memang harus berjalan tanpa alas kaki, segera cuci kaki dengan air bersih dan sabun demi menghindari tumbuhnya jamur penyebab tinea pedis. Jangan lupa keringkan kaki secara menyeluruh, terutama di sela-sela jari, ya!

Penggunaan kaus kaki yang kotor, terutama jika kamu sering berkeringat, juga bisa memicu pertumbuhan kutu air. Sebaiknya, rutin ganti kaus kaki setidaknya sekali dalam sehari.

5. Terkena Air Banjir

Banjir juga menjadi salah satui penyebab kutu air pada kulit yang sering kali dijumpai. Ini karena kandungan yang terdapat pada air banjir mengandung berbagai macam bakteri terutama jamur yang dapat menginfeksi kulit. 

BACA JUGA:Cara Mudah Mengempiskan Perut, dr Zaidul Akbar Sarankan Pola Makan Seperti Ini

Selain itu, juga dapat disebabkan kaki yang terkena air banjir saat berkendara tanpa sengaja, keadaan air yang kotor meluap ke seluruh daratan, sehingga tidak bisa menghindarinya, kecuali dengan penutup kaki.

Itulah sejumlah penyebab kutu air yang sering terjadi pada kulit. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan setiap saat. 

Kategori :