Kaki Terasa Gatal karena Kutu Air, Ketahui 5 Penyebabnya Berikut Ini

Rabu 31-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kutu air menjadi salah satu permasalahan kulit yang dapat menganggu kenyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena sensasi rasa gatalnya yang membuat orang ingin selalu garuk-garuk. 

Kutu air muncul dengan berck putih hingga kemerahan, biasanya terasa gatal dan seperti jamur. Hal ini dapat terjadi karena kondisi air yang tidak baik serta keadaan lembab di kaki. 

Lalu meningkatkan resiko tumbuhnya jamur di kaki, sehingga menjadikan infeksi. Jenis jamur ini adalah dermatofit (dermatophytes) dan trikofiton (trichophyton)

Sebenarnya  kondisi infeksi ini bukan hanya terjadi di kaki. Namun keadaan yang paling tinggi resikonya adalah di kaki. Satu-satunya asset yang paling mudah tumbuh di antara organ lainya, inilah yang disebut dengan penyebab kutu air pada awalnya.

BACA JUGA:Jadi Indikasi Penyakit pada Tubuh, Inilah Penyebab Kentut Berlebihan

Lantas, apa yang menyebabkan orang dapat terkena kutu air? Yuk, cari tahu jawabanya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

1. Lingkungan Lembab

Penyebab umum mengapa kulit dapat mengalami kutu air adalh lingkungan yang lembab. Keadaan lembab lingkungan disekitar dapat meningkatkan resiko kutu air. 

Sehingga jamur senang tumbuh disekeliling dan lingkungan Anda. Apalagi jika keadaan lembab dan hangat, menjadikan tempat paling nyaman jamur tumbuh dimana mana.

2. Infeksi Jamur

Penyakit kutu air disebabkan oleh infeksi jamur. Ada beberapa jenis jamur dari kelompok dermatophytes yang sering mengakibatkan kutu air, yaitu Trichophyton (T.) rubrum, T. interdigitale, dan Epidermophyton floccosum.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengempiskan Perut, dr Zaidul Akbar Sarankan Pola Makan Seperti Ini

Pada dasarnya, jamur bisa tumbuh dengan subur di lingkungan yang tertutup, hangat, dan lembap. Kutu air sangat jarang disebabkan oleh jamur non-dermatofita seperti ragi.

3. Kaki yang Sering Terkena Air Cucian

Kaki yang sering terkena air cucian menjadi penyebab kutu air selanjutnya. Kutu air bisa muncul karena sering melakukan aktivitas mencuci, apalagi menggunakan tangan mempertinggi resiko tumbuhnya jamur di kaki. 

Kategori :