APBDesa Jadi Percontohan

Selasa 09-04-2013,18:22 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, BE – Sebagai satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang menerapkan penggelolaan keuangan desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).  Program yang dilaksanakan sejak tahun 2012 lalu banyak dicontoh oleh daerah lain.\"Tidak hanya kabupaten ini yang belajar mengenai PABDesa itu. Kabupaten dari provinsi tetangga juga berencana untuk belajar mengenai penerapannya,\" kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Ramdani SE.

Sejak diberlakukannya APBdesa, tidak hanya tertib administrasi melainkan anggaran yang alokasikan untuk desa tersebut tertata dengan baik dan transparan. Untuk lebih meningkatkan kinerja dalam penyusunan APBdesa itu, kemarin (8/4) pihak BPMD kembali melakukan pelatihan kepada aparatur pemerintah desa dalam bidang penggelolaan keuangan desa yang pesertanya para sekdes dan bendahara desa.

\"APBdesa yang sudah berjalan 1 tahun lebih ini, Kabupaten Mukomuko juga mendapatkan penghargaan dan masuk 10 besar tingkat nasional dari pemerintah pusat dalam hal penggelolaan keuangan desa,\" jelasnya.

Meskipun demikian lanjut Ramdani, apa yang telah dicapai belum sepenuhnya berjalan mulus. Masih ada kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki kedepannya terutama mengenai data keluarga seperti dalam satu keluarga itu berapa orang, berapa jumlah pendapatannya perbulan dan lainnya. \"Berkat kerjasama yang baik dari para perangkat desa, APBdesa yang sudah berjalan ini dapat lebih tingkatkan lebih baik lagi,\" harapnya. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait