Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Mengkudu yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

Jumat 19-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Daun mengkudu memiliki manfaat sebagai antiinflamasi atau anti peradangan. Kandungan fitokimia dalam daun mengkudu memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Hal ini bermanfaat untuk mengurangi gejala kondisi inflamasi seperti arthritis dan penyakit autoimun.

BACA JUGA:Cocok Dijadikan Camilan Sehat, Ini lah Manfaat Kuaci Manfaatnya bagi Kesehatan

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun mengkudu untuk menurunkan tekanan darah sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Daun mengkudu  mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, manfaat daun mengkudu ini berasal dari kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan tanin, yang dapat membuat pembuluh darah lebih relaks dan elastis. Dengan begitu, aliran darah bisa menjadi lebih lancar.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menurunkan tekanan darah, daun mengkudu juga diketahui mampu menurunkan kadar lemak jahat. Berkat manfaatnya ini, daun mengkudu baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung.

Daun mengkudu diketahui memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung. Senyawa-senyawa dalam daun ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), serta melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Daun Bawang, Mulai dari Memperkuat Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Risiko Penyakit Mematikan

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun mengkudu dapat membantu mengatur kadar gula darah. 

Senyawa-senyawa dalam daun mengkudu dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

7. Efek Antimikroba

Manfaat daun mengkudu ini bisa membuat tubuh jarang sakit karena lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. 

Senyawa-senyawa dalam daun mengkudu juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melawan bakteri, virus, dan jamur yang menyebabkan infeksi.

Kategori :