Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Mengkudu yang Digunakan Sebagai Obat Tradisional

Jumat 19-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak banyak yang mengetahuo jika daun mengkudu dapat dijadikan alternatif obat yang bagus untuk kesehatamn tubuh. 

Sebenarnya pengobatan menggunakan daun mengkudu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat daun mengkudu yang bisa kita dapatkan? Mari simak dan cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini. 

Daun mengkudu (Morinda citriolia) memiliki ciri-ciri berwarna hijau, mengilap, serta ukuran daun yang besar dan tebal. Sebagai gambaran, daun mengkudu mirip dengan daun jeruk, hanya saja ukurannya lebih besar.

BACA JUGA:Penderita Diabetes Wajib Tahu, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Nanak Nasi Agar Zat Gula Turun

Daun mengkudu mengandung beragam nutrisi penting, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C. Selain itu, daun mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, triterpen, saponin, dan kumarin.

Berkat beragam kandungan nutrisi dan antioksidan tersebut, berikut ini adalah beberapa manfaat daun mengkudu yang bisa didapatkan:

1. Membantu melawan radikal bebas

Daun mengkudu mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

BACA JUGA:Cocok Dijadikan Camilan Sehat, Ini lah Manfaat Kuaci Manfaatnya bagi Kesehatan

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun mengkudu memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daun mengkudu mengandung beragam jenis antioksidan, seperti flavonoid, tanin, triterpen, kumarin, dan vitamin C. 

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, daun mengkudu baik dikonsumsi untuk memperkuat imunitas tubuh. Manfaat daun mengkudu ini bisa membuat tubuh jarang sakit karena lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. 

3. Antiinflamasi

Kategori :