Terbuat dari Olahan Kacang Kedelai, Berikut Manfaat Kembang Tahu untuk Kesehatan

Senin 22-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kembang tahu menjadi salah satu olahan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. 

Kembang tahu atau yang biasa dikenal dengan tofu merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai yang sekarang ini telah banyak kita jumpai di berbagai pedagang aneka kudapan.

Kembang tahu adalah bagian yang mengapung-apung pada saat proses susu kedelai dipanaskan, yaitu dalam proses pembuatan tahu.

Selain memiliki rasa yang lezat, panganan yang satu ini juga memilik sejumlah manfaat untuk kesehatan. Terbuat dari olahan dari kacang kedelai yang sangat banyak mengandung berbagai macam nutrisi seperti protein, zat besi, mangaan, selenium, fosfor, serta aneka nutrisi lainnya.

BACA JUGA:Manfaat Tak Makan Malam Bagi Tubuh, dr Zaidul Akbar: Dicontohkan Langsung Rasulullah SAW

Berkat kandungan nutrisi yang terdapat pada kembang tahu, panganan yang satu ini menjadi salah satu alternatif makanan enak dan memiliki manfaat untuk tubuh. 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi produk kembang tahu: 

1. Dapat membantu merangsang keluarnya ASI 

Kembang tahu memiliki manfaat untuk merangsang keluarnya Air Susu Ibu (ASI) pasca proses melahirkan. Dimana salah satu manfaatnya adalah dapat memperlancar atau merangsang produksi ASI bagi para wanita pasca melahirkan. 

Untuk itu, manfaat kembang tahu untuk ibu hamil maupun ibu hamil sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi produk ini.

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kembang tahu memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolestrol. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil positif konsumsi kembang tahu terhadap penurunan tingkat kadar kolesterol di dalam tubuh.

Dalam penelitian yang di lakukan  American Journal of Clinical Nutrition yang menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat kolesterol hingga 20% pada orang-orang yang menjalani diet dengan kembang tahu selama kurang lebih 1 tahun.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kategori :