Terbuat dari Olahan Kacang Kedelai, Berikut Manfaat Kembang Tahu untuk Kesehatan

Senin 22-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Bagi yang memiliki riwayat hipertensi, manfaat kembang tahu ternyata juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. 

Kandungan lesitin di dalamnya nggak hanya bekerja untuk meringankan gangguan pencernaan saja, tapi juga mampu menurunkan level tekanan darah sehingga hal ini sangat baik dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

BACA JUGA:Manfaat Tak Makan Malam Bagi Tubuh, dr Zaidul Akbar: Dicontohkan Langsung Rasulullah SAW

3. Dapat menurunkan gangguan diare

Manfaat kembang tahu lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah meringankan gejala diare. Hal ini berkat kandungan lesitin di dalamnya, senyawa yang terdapat dalam produk olahan kedelai. 

Zat yang satu ini bekerja secara aktif mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti diare yang bisa mengganggu aktivitas.

4. Menurunkan resiko diabetes 

Penderita diabetes membutuhkan asupan pangan yaitu makanan yang rendah gula untuk membantu menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. 

Kembang tahu merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guna membantu mengatasi hal tersebut.

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Terong yang Perlu Diketahui

6. Mencegah penyakit jantung koroner

Manfaat kembang tahu bagi kesehatan, terkandung lemak tak jenuh hingga mencapai 80%. Hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan untuk membantu mencegah resiko timbulnya penyakit jantung koroner. 

Berbagai riset telah menunjukkan bahwa kandungan senyawa phenolik dan asam tak jenuh yang terdapat dalam kedelai sebagai bahan baku pembuatan kembang tahu dapat membantu mencegah timbulnya nitrosamin. 

Hal tersebut merupakan suatu senyawa yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner maupun berbagai jenis kanker.

7. Dapat membantu mencegah kanker payudara

Kembang tahu juga mengandung senyawa lainnya seperti fitoestrogen yang disebut isoflavon, yaitu kelompok bahan kimia yang ditemukan dalam makanan nabati yang memiliki struktur yang mirip dengan hormon estrogen pada wanita. 

Kategori :