Meningkatkan Daya Ingat, Inilah Ragam Manfaat Belut untuk Kesehatan

Selasa 16-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang mungkin tidak menyukai belut karena memiliki rasa yang cenderung amis. Meskipun begitu, manfaat belut untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. 

Hewan yang bentuknya mirip ular ini mengandung aneka nutrisi yang berperan penting sebagai tambahan sumber energi yang baik untuk tubuh. 

Ada beberapa manfaat belut yang bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi dan diolah dengan tepat. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas satu per satu manfaat belut dalam artikel ini.

Belut terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang berasal dari air tawar maupun dari air laut. Belut yang kerap dikonsumsi juga bisa berasal dari alam atau yang dibudidayakan. 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Soalnya, hewan yang termasuk ke dalam golongan ikan ini mengandung makronutrisi penting, yakni protein, lemak, dan karbohidrat. 

Selain itu, belut juga mengandung aneka vitamin dan mineral yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada banyak manfaat belut untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut manfaat belut bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh, yaitu:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dan salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti mengonsumsi belut. 

BACA JUGA:Waspada Pembengkakan Pada Tubuh, Inilah 8 Gejala Anemia pada Wanita yang Harus Diketahui

Belut memiliki kandungan gizi yang tinggi dan menjadi sumber protein hewani yang baik bagi kesehatan. Salah satu kandungan gizi belut yang memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh adalah zinc. 

2. Menambah energi dan stamina

Sebagai salah satu sumber energi, belut memiliki manfaat untuk menambah energi dan stanima karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap, belut baik dikonsumsi sebagai lauk pendamping nasi. 

Kandungan gizi, terutama protein, yang tinggi bisa menambah energi dan stamina tubuh, sehingga kamu bisa melakukan beragam aktivitas dan tidak cepat lelah.

Kategori :