Meningkatkan Daya Ingat, Inilah Ragam Manfaat Belut untuk Kesehatan

Selasa 16-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Meningkatkan daya ingat

Sama seperti ikan, belut juga mengandung omega-3, kolin, serta aneka vitamin dan mineral. 

BACA JUGA:Ramuan Alami Agar Otak Makin Pintar, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, berbagai nutrisi tersebut juga bisa memelihara fungsi otak, melancarkan aliran darah di otak, meningkatkan daya ingat, serta mencegah pikun atau demensia.

4. Baik sistem pencernaan

Belut dapat membantu menjaga sistem pencernaan. Bagi Anda yang susah buang air besar atau sembelit mungkin bisa mencoba belut untuk melancarkan saluran pencernaan. 

Berkat kandungan magnesium dalam belut, ikan yang juga bisa ditemukan di perairan laut ini ternyata baik untuk sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan magnesium terbukti dapat membantu meningkatkan jumlah air pada usus. 

5. Menjaga kesehatan mata

Belut termasuk salah satu sumber vitamin A yang paling baik dan bagus untuk menjaga kesehatan mata. Dalam tiap 100 gramnya, hewan ini mengandung sekitar 3500 IU vitamin A. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Kenali 6 Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan

Kandungan ini justru lebih tinggi dari buah tomat dan jambu biji yang digadang-gadang sebagai buah kaya vitamin A. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. 

Dengan tercukupinya asupan vitamin A, mata bisa lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, seperti rabun senja dan penyakit retina.

6. Memperkuat tulang dan gigi

Selain bagus untuk kesehatan mata, belut juga memiliki Kandungan vitamin D, protein, kalsium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. 

Memenuhi kebutuhan beragam nutrisi tersebut bisa menurunkan risiko terjadinya osteoporosis dan gigi berlubang. Selain dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, kamu juga perlu rutin olahraga agar tulang dan sendi senantiasa kuat.

BACA JUGA:Cara Sehat Minum Kopi, dr Zaidul Akbar Ingatkan Ini

Kategori :