8 Manfaat Oyong untuk Mencukupi Kebutuhan Serat Harian

Selasa 16-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Kandungan nutrisi ini terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan sel, menjaga penglihatan tetap tajam, serta mengurangi risiko terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja, katarak, dan degenerasi makula.

4. Mengurangi Radang Sendi

Tanaman ini juga memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dalam mengatasi arthritis. Zat ini mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kekakuan pada tubuh serta rasa sakit pada sendi.

BACA JUGA:Ingin Hidup Tenang Tanpa Gangguan Gaib, Ini Cara Mengusir Khodam Jahat

Di sisi lain, sayuran ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot serta memperbaiki jaringan ikat. Maka dari itu, jika kamu mengalami peradangan pada tubuh, terutama sendi, sebaiknya mengonsumsi sayur oyong secara rutin.

5. Meredakan nyeri

Selain mengurangi radang sendi, oyong meredakan nyeri ekstrak biji oyong bersifat analgesik, sehingga bisa dijadikan sebagai obat pereda nyeri. 

Khasiat oyong dalam meredakan nyeri tentunya berasal dari kandungan flavonoid yang dimilikinya. Selain itu, kandungan kalsium dan kalium dalam oyong juga bisa meredakan nyeri otot, nyeri dada, dan nyeri menstruasi.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Asupan vitamin C yang terkandung pada sayur oyong dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C dapat memberikan manfaat berupa mengurangi kekeringan pada kulit dan memperlambat penuaan pada bagian terluar tubuh ini.

BACA JUGA:Ingin Hidup Tenang Tanpa Gangguan Gaib, Ini Cara Mengusir Khodam Jahat

Vitamin C juga digunakan untuk menghasilkan protein pada tubuh untuk pembentukan tendon, ligamen, hingga kulit. Jumlah vitamin C yang tercukupi setiap harinya dapat membantu dalam proses penyembuhan luka.

7. Menjaga kualitas ASI

Salah satu manfaat oyong lainnya adalah menjaga kualitas ASI. ASI yang kaya akan kalsium bisa memberikan asupan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi serta menjaga kepadatan tulang bayi.

Tak hanya baik untuk bayi, kalisum juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otot dan saraf pada ibu menyusui, serta melancarkan keluarnya ASI.

8. Mencegah anemia

Kategori :