Inilah 5 Manfaat Asam Kandis untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Senin 15-07-2024,19:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sering kali digunakan sebagai penambah rasa asam pada masakan, asam kandis digunakan sebagai bahan penyedap dalam berbagai masakan. 

Selain digunakan untuk meperkaya cita rasa pada masakan agar semakin nikmat dan segar, asam kandis juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah ini paling sering digunakan di daerah Sumatra sebagai bumbu penyedap untuk membantu bau amis dari daging atau ikan. Asam kandis yang digunakan sebagai bumbu penyedap umumnya harus dikeringkan terlebih dahulu. 

Namun, Anda juga bisa mengonsumsi buah ini secara langsung ketika masih segar. Buah ini juga memiliki beragam kandungan nutrisi lainnya, seperti, karbohidrat, serat, kalsium, kalium, zat besi, natrium, dan fosfor. 

BACA JUGA:Ini Penyebab Rambut Mulai Menipis di Usia Muda

Tak hanya itu, meski dalam jumlah sedikit, asam kandis segar juga mengandung protein dan zinc serta beberapa vitamin, seperti vitamin B1 dan vitamin B3. 

Asam kandis juga memiliki sifat antiradang dan antidiabetes, serta kaya akan senyawa antioksidan, seperti etanol, flavonoid, alkaloid, tanin, maupun saponin.

Berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, asam kandis tidak hanya bermanfaat sebagai bahan penyedap makanan, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat asam kandis yang bisa Anda dapatkan? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 

1. Meredakan peradangan dan infeksi

Asam kandis memiliki manfaat untuk meredakan peradangan, asam kandis mengandungan etanol dalam asam kandis memiliki sifat antiradang. 

BACA JUGA:Pemeriksaan Darah Lengkap Ternyata Dapat Mendeteksi Penyakit

Dengan begitu, mengonsumsi buah ini secara rutin dapat meringankan peradangan sehingga membuat Anda terhindar dari penyakit akibat peradangan kronis, seperti rheumatoid arthritis, diabetes tipe 2, atau kanker.

Meski begitu, studi ini baru dilakukan pada hewan percobaan. Artinya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas asam kandis dalam meredakan peradangan pada manusia.

2. Menjaga imunitas tubuh

Manfaat asam kandis berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker. 

Kategori :