Kinerja Tak Berfungsi Optimal, Ini Dia 5 Masalah pada Mobil Penyebab Lampu Redup

Selasa 09-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lampu pada mobil merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Saat sedang berkendara di malam hari lampu berfungsi untuk penerangan saat perjalanan agar tidak terjadi risiko kecelakaan. 

Lampu memiliki batas usia yang dapat menurunkan kinerjanya. Biasanya hal ini ditandai dengan lampu mobil yang mulai redup dan tidak terlalu terang. 

Lampu mobil yang redup dan kurang terang dapat disebabkan oleh aki yang lemah. Meskipun begitu, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa penyebab lain yang bisa membuat kualitas penerangan lampu mobil Anda menjadi menurun.

Apa saja penyebab lampu mobil redup? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menymak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak 7 Tanda Rem Mobil Harus Diganti

Perlu diketahui bahwa lampu mobil juga menjadi bagian dari active safety system. Oleh karena itu, jika lampu mobil Anda sudah mulai meredup, maka Anda perlu untuk segera mencari penyebab utamanya sehingga sistem keselamatan tersebut bisa tetap bekerja dengan baik.

Mengingat ada begitu banyak fungsi penting yang dimiliki oleh lampu mobil, maka Anda perlu memastikan bahwa fitur penerangan pada mobil bisa bekerja secara optimal.

Umumnya saat lampu mobil mulai redup, berikut beberapa masalah berikut ini yang menjadi penyebab utamanya.

1. Aki mobil lemah

Aki mobil yang lemak tidak hanya mempengaruhi sistem mesin pada mobil, aki yang lemak juga dapat memperngaruhi sistem kelistrikan yang mengakibatkan lampu mobil menjadi cahaya yang redup atau tidak terang. 

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Bau AC Mobil dengan Efektif dan Penyebabnya!

Oleh sebab itu, coba periksa kondisi aki mobil Anda. Gunakan alat bernama battery tester untuk mengetahui tegangan aki, daya starter, dan lain-lain. Apabila aki  memang memiliki daya yang lemah, maka Anda perlu mengisi daya ulang aki tersebut. 

3. Adanya karat pada soket

Soket lampu mobil adalah komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara bohlam lampu dan sistem kelistrikan kendaraan. 

Ketika soket lampu berkarat maka daya atau tegangan listrik yang masuk ke lampu akan menjadi berkurang. Akibatnya, lampu mobil Anda memiliki cahaya yang redup atau tidak terang.

Kategori :