Kinerja Tak Berfungsi Optimal, Ini Dia 5 Masalah pada Mobil Penyebab Lampu Redup

Selasa 09-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Soket lampu meleleh

Selain karat pada soket dapat membuat kinerja lampu mobil berkurang sehingga cahaya lampu menjadi lebih redup, penyebab lampu mobil redup juga bisa dikarenakan oleh soket lampu yang meleleh. 

BACA JUGA:Tips Membedakan Oli Mesin Asli dan Palsu!

Soket lampu mobil merupakan dudukan untuk menyalurkan lampu dengan kawat-kawat jaringan listrik. Nah, ketika dudukan lampu tersebut meleleh maka hal tersebut bisa menjadi penghambat aliran listrik yang masuk ke lampu. 

Soket lampu mobil tersebut bisa meleleh karena soket tidak terpasang dengan baik atau kencang. Hal tersebut membuat timbulnya arus pendek sehingga menimbulkan panas dan melelehkan soket lampu.

4. Kaca lampu mobil sudah kusam

Seiring dengan pemakaiannya, kaca lampu mobil bisa berubah menjadi kusam, terlebih jika usia lampu sudah lebih dari 3 tahun. Hal ini bisa membawa pengaruh pada cahaya yang dihasilkan oleh lampu mobil tersebut. 

Oleh karena itu, jika Anda merasa lampu mobil tidak terang, maka bisa jadi masalah utamanya berasal dari kaca lampu mobil yang sudah kotor dan kusam.

Untuk mengatasinya, Anda bisa meminta bantuan bengkel terpercaya untuk menggantinya dengan yang baru.

BACA JUGA:Tips Membedakan Oli Mesin Asli dan Palsu!

5. Relay lampu sudah rusak

Penyebab terakhir yang perlu kamu ketahui adalah relay lampu yang sudah rusak. Penyebab lampu mobil redup selanjutnya adalah karena relay yang sudah rusak. 

Pada dasarnya, relay adalah salah satu komponen elektrik yang ada di mobil dan berfungsi sebagai jembatan yang mengalirkan arus listrik dari aki. 

Nah, pada relay ini terdapat dua rangkaian yaitu rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar dan rangkaian arus utama yang masuk ke lampu.

Ketika ada suatu bagian yang longgar pada rangkaian relay tersebut maka penerangan yang dihasilkan oleh lampu akan menjadi tidak optimal.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat lampu mobil redup. Apabila Anda merasa lampu mobil sudah mulai redup dan tidak terang, kemungkinan besar penyebabnya adalah beberapa masalah yang sudah di jelasakan pada ulasan di atas. 

Kategori :