Ketahui 5 Tips dan Cara Mudah Merawat Baterai Kamera agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Jumat 21-06-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Matikan fitur yang tidak diperlukan

Dengan kemajuan teknologi, kini kamera memiliki banyak sekali fitur canggih untuk memastikan hasil yang maksimal. Jika semua fitur beroperasi di saat yang sama, nggak heran baterai kameramu jadi lebih boros. 

Karena itulah, kamu perlu menyeleksi dan mematikan fitur-fitur yang jarang digunakan. Misalnya, image stabilisation dan autofocus menyerap banyak daya baterai, terutama di suasana gelap. 

Flash yang ditanam pada kamera juga boros tenaga, jadi kamu harus membatasi penggunaannya. Sebaliknya, kamu bisa mencari mode power-saving pada kameramu, supaya daya tahan baterai bisa awet dan tahan lama.

5. Perhatikan penyimpanan baterai 

Jika kamu berencana tidak menggunakan kamera dalam waktu yang lama, sebaiknya kamu bisa melepas dan menyimpan baterai kamera. Baterai kamera yang tidak digunakan sebaiknya disimpan pada tempat dengan suhu normal sekitar 10-300C.

Jangan menyimpan baterai kamera di tempat yang memiliki suhu terlalu rendah atau dingin. Hal ini bisa menyebabkan daya baterai kameramu berkurang meskipun tidak digunakan.

Selain itu, jangan menyimpan baterai kamera di tempat yang terlalu panas. Suhu panas bisa membuat baterai kamera Anda meledak. Situasi ini tentunya sangat berbahaya.

BACA JUGA:Simak 6 Kelebihan Smartphone OPPO A60, HP Koko dan Tangguh Viral di TikTok

Itulah sejumlah tips dan cara yang harus kamu ketahui untuk menjaga baterai kameramu agar lebih awat dan tahan lama. Dengan mengetahui sejumlah tips yang diberikan tadi, cukup mudah bukan cara merawat baterai kamera agar tetap awet dan tahan lama. 

Kategori :