Tips Memulai Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Senin 10-06-2024,19:45 WIB
Reporter : Bakti Setiawan
Editor : Ari Apriko

- Jika anda menggunakan wadah berupa kantong plastik, buka kantong dan masukkan air kolam sedikit demi sedikit hingga air di dalam kantong menyerupai air dalam kolam terpal.

- Bibit ikan mas akan keluar dengan sendirinya dari wadah dan menyesuaikan dengan tempat barunya di kolam terpal.

4. Panen Ikan Mas

Masa ternak ikan mas cukup singkat. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan hingga ikan mas siap panen atau saat mencapai bobot 400 gram. Anda juga dapat melakukan pembesaran ikan mas dalam ukuran tertentu sesuai dengan permintaan pasar.

Panen ikan mas sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat suhu udara tidak terlalu panas. Sebelum panen, puasakan ikan mas selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar ikan mas dapat bertahan hidup lebih lama selama masa pengiriman.

BACA JUGA:Tips Memberi Pakan pada Budidaya Ikan Gabus

BACA JUGA:Tips Cara Merawat Air Kolam Pada Budidaya Ikan Gabus

Proses panen dilakukan dengan cara menyurutkan air dalam kolam secara bertahap hingga ketinggian air mencapai 20-30 cm. Anda dapat mengambil ikan mas dengan menggunakan serok atau jaring. Sortir ikan mas yang dipanen dengan hati-hati agar tidak mengalami luka atau lecet.

Setelah panen, bersihkan kolam terpal jika Anda ingin mengisinya dengan benih baru. Lakukan tahapan ternak ikan mas kolam terpal seperti sebelumnya.(**)

Kategori :