Kenali 6 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Minggu 26-05-2024,11:47 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Alergi

Alergi merupakan hal yang umum dialami oleh sebagian orang. Ketika bersentuhan dengan alergen atau zat pemicu alergi, kulit wajah bisa mengalami reaksi. Tidak hanya pengelupasan kulit, reaksi yang ditimbulkan bisa menyebabkan gatal-gatal, ruam, atau lepuh pada kulit.

BACA JUGA:Begini Cara yang Benar Mengolah Makanan Beku

5. Efek samping obat-obatan

Beberapa jenis obat untuk mengatasi masalah kulit, seperti krim retinoid, asam salisilat, asam glikolat, dan AHA (alpha hydroxy acids), bisa membuat kulit wajah mengelupas. 

Selain itu, efek samping obat-obatan kemoterapi, antibiotik, obat epilepsi, dan beberapa jenis obat penurun tekanan darah juga dapat membuat kulit mengelupas.

6. Dermatitis atopik (eksim)

Penyebab kulit mengelupas lainnya adalah dermatitis atopik atau eksim. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi memerah dan terasa gatal. Penyebab pasti dari eksim masih belum diketahui.

Akan tetapi, berdasarkan Healthline ini dapat dipicu oleh sistem kekebalan yang merespons secara agresif terhadap paparan iritan. Di sisi lain, eksim terkadang juga disebabkan oleh respons abnormal terhadap protein yang merupakan bagian tubuh.

BACA JUGA:Tahu Gak Sih, Ternyata Gula Batu Tidak Lebih Sehat daripada Gula Pasir

Biasanya, sistem kekebalan hanya menyerang bakteri atau virus. Tetapi pada eksim, sistem kekebalan kehilangan kemampuan untuk membedakan keduanya, dan ini bisa menyebabkan peradangan.

Gejala lain yang bisa ditimbulkan dari penyebab kulit mengelupas ini antara lain munculnya benjolan kecil yang dapat mengeluarkan cairan ketika di garuk, kulit menebal dan bersisik, serta timbulnya bercak merah.

Itulah penyebab kulit wajah mengelupas. Setelah mengetahui penyebab kenapa kulit wajah mengelupas Anda tidak perlu khawatir berlebihan karena cara mengatasi kulit wajah yang mengelupaspun cukup sederhana dengan menjaga asupan, perbanyak minum air putih dan jangan lupa menggunakan pelembab secara rutin. 

Kategori :