BPOM Periksa PJAS

Kamis 28-03-2013,12:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

RATU SAMBAN, BE- Untuk meningkatkan efektifitas dan cakupan pengawasan Pangan Jajanan Anak sekolah (PJAS), Badan Pengawas Obat dan Makanan Bengkulu kembali roadshow.  BPOM  melakukan razia ke berbagai sekolah. Razia ini dengan menggunakan  Laboratorium Keliling. Kedatangan Tim BPOM ini untuk memeriksa jajanan sekolah yang diduga menggunakan bahan berbahaya.

Kepala  BPOM Bengkulu, Zulkifli, Apt melalui Humas dan Serlik, Sasra Apt menuturkan,  Peninjauan   PJAS  berlangsung dalam beberapa hari kedepan. Kemarin digelar di 2 sekolah, SDN 12 dan SDN 09 dalam Kota Bengkulu. \'\'Saat pemeriksaan PJAS  itu  tim BPOM didampingi pula pegawai  Dispendik,\'\' katanya.

Tim menggunakan peralatan mobil  laboratorium pengujian cepat (rapid test kit). Pemeriksaan dilakukan terhadap bahan kimia yang dilarang untuk pangan, bahan informasi masyarakat dalam bentuk buku, leaflet, brosur, komik dan bahan multimedia.

\'\'Tim mengambil  sampling  jajanan. Kemudian dilakukan pengujian cepat, bahan makanan itu seperti Siomay, Mie, Minuman, Empek-empek dan lainnya. Makanan  itu diuji  untuk dilihat ada kandungan bahan  kimia yang dilarang seperti  formalin, Borax, Rhodamin B dan Methanyl Yellow atau tidak.

\'\'Dari hasil uji sampling itu,  Panganan  jajanan sekolah  masih  aman, Tidak ditemukan sampling yang mengandung bahan berbahaya, semuanya masih aman, \" kata Sasra.

Ia mengharapkan  kondisi PJAS di sekolah  lain yang diuji nantinya pun sama. Walaupun jajanan sekolah aman, Sasra tetap menyarankan pelajar mengkonsumsi makanan bermutu dan bergizi. (247)

Tags :
Kategori :

Terkait