Biar Kamu Gak Miskin Terus, Top 7 Hal Yang Bikin Boros

Jumat 01-12-2023,13:02 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak sekali jenis pengeluaran yang tidak disadari membuat keuangan kita menjadi menipis. Pernah gak, sih kamu gajian tapi hanya merasa senang sebentar saja karena tidak lama kemudian kamu terpaksa harus berhemat habis-habisan karena pengeluaran di berbagai hal yang membuat kamu memiliki gaya hidup boros.

Tapi tenang saja, karena pada artikel kali ini kita akan belajar bareng, agar kita bisa sama-sama lebih hemat kedepannya. Melakukan penghematan secara realistis dan sustainable bisa saja dilakukan tanpa perlu merasa tersiksa. Apa saja yang bisa kita lakukan? Simak dibawah ini ya.

BACA JUGA:Rumah Terasa Dingin karena Berhantu? Ini Dia Penjelasannya Menurut Islam!

1. Makan Di Luar

Kebiasaan makan diluar seperti di cafe atau restaurant perlu dikurangi intensitasnya. Bukan berarti aktivitas itu kita hilangkan sepenuhnya, hanya saja perlu diakali dengan misalnya membawa bekal dari rumah untuk makan siang di kantor. Boleh lah sesekali makan di cafe atau restaurant dua minggu sekali atau mungkin sebulan sekali.

2. Membership Gym

Jika kita senang berolahraga sekaligus ingin membentuk badan dengan budget yang jauh lebih hemat, kita bisa lakukan itu dirumah. Kalau alasan nge-gym dirumah itu tidak punya personal trainer maka bisa kita dapatkan secara virtual alias menggunakan youtube sebagai personal trainer.

Kini sudah banyak channel yang memberi informasi sekaligus mengajarkan kita bagaimana melakukan gym yang sesuai dengan prosedur Kesehatan. Sebut saja biaya menjadi member di salah satu tempat gym seharga 300 ribu per bulan, artinya kamu bisa menghemat 300 ribu sebulan. Lumayan bangetkan, Sahabat? Badan tetap sehat duit juga hemat.

BACA JUGA:Gudeg Pilihan Wisata Kuliner Terenak dan Termurah di Yogyakarta

3. Minum Kopi di Coffee Shop

Bayangkan jika harga es kopi untuk satu cup nya sekitar 20 ribuan. Coba kalikan 30 hari kerja itu sama dengan 600 ribu yang sudah kita habiskan hanya untuk minum kopi saja. Biaya yang besar kan? Ada baiknya kebutuhan minum kopi kita itu disiasati dengan membuat sendiri dirumah. Caranya ya tidak lain adalah belajar lewat internet. Kami rasa membuat es kopi susu yang enak juga bisa kita lakukan sendiri karena caranya sebenarnya tidak begitu sulit kok.

4. Free Shipping Effect

Apa itu free shipping effect? Kebiasaan kita yang seringkali tergoda untuk belanja online oleh karena promo gratis ongkir. Ongkirnya sih tidak seberapa, akan tetapi barang yang kita beli mungkin saja harganya lebih mahal dari ongkos kirimnya. Jadi tahan keinginan belanja barang yang sebetulnya tidak kita perlukan. Ingat ya,belanjakan uang kamu untuk kebutuhan bukan karena keinginan.

BACA JUGA:Herbal Dan Ampuh, Inilah Daun Penghilang Flek Hitam Di Wajah

5. Gadget Baru

Penyebab gaya hidup boros salah satunya adalah sering menggonta-ganti gadget, yang padahal gadget seperti smartphone, laptop atau macbook  yang kita gunakan sekarang masih baik-baik saja. Hanya karena ingin spek yang lebih tinggi, kamera yang lebih bagus ya jelas hal itu tidak akan ada habisnya. Sedikit saran dari kami, kalau channel di youtube yang kita subscribe isinya tentang gadget dan membuat hidup kita menjadi lebih konsumtif, sebaiknya unsubscribe saja agar terhindar dari godaan mengganti gadget terbaru.

6. Skin Care

Kami tidak melarang untuk kamu membeli skin care karena memang kulit kita butuh perawatan agar tetap sehat, akan tetapi beli lah skin care hanya dari satu brand saja. Hindari membeli skin care dari berbagai merk yang padahal fungsinya sama, misal untuk wajah. Maka pastikan terlebih dahulu merk skin care yang cocok untuk kulit kita dan jadikan itu sebagai pilihan kita.

BACA JUGA:Dijuluki Adik Panther, Berikut Harga Dan Spesifikasi Isuzu Traga

7. Menggunakan Transportasi Online

Dalam hal ini bukan berarti kita tidak boleh menggunakan jasa transportasi online, hal itu boleh saja dilakukan namun hanya dalam keadaan darurat saja. Jangan jadikan transportasi online sebagai alat mobilitas kamu sehari-hari. Jika kamu belum memiliki kendaraan, sudah waktunya kamu pertimbangkan untuk membelinya. Kamu bisa coba cicil kendaraan di Pegadaian dengan harga yang cukup kompetitif. Percayalah, dengan kita memiliki kendaraan sendiri itu akan jauh lebih hemat ketimbang menggunakan jasa transportasi online di keseharian kita.

BACA JUGA:Lebih Menggoda Dari Xpander, Segini Kisaran Harga Nissan Livina Bekas

Nah, jika Langkah-langkah tadi sudah bisa kita terapkan, maka kita sudah bisa punya anggaran untuk berinvestasi kepada hal yang lebih menguntungkan kedepannya. Semoga artikel ini dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi semua. (**)

Kategori :