Tes CPNS Tidak Libatkan PTN Lokal

Sabtu 23-03-2013,12:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU,BE - Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah mengatakan tes CPNS tidak akan menggandeng perguruan tinggi negeri (PTN) lokal. Tetapi, akan menggandeng konsorsium. \"Itukan kewenangannya Menpan RB, pelaksananya konsorsium. Bukan tidak menggunakan total PTN lokal. Saya pikir sama dengan independen, inikan belum tahu ada tes tidak. Maunya saya ada sistem ada \'standar kriteria\', itu yang lebih fair,\" katanya.

Dia mengatakan pelaksaan tes CPNS di Kabupaten Lebong tahun lalu telah menggandeng konsorsium yang ditetapkan oleh Menpan dan RB. Dia menilai pelaksanaan tes CPNS sudah berjalan dengan baik. \"Kita lihat di Lebong kemarin hampir tidak ada putra daerah. Konsorsium ada 10 perguruan tinggi yang terlibat,\" ujarnya.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi saat sudah telah mengajukan formasi CPNS pada KemenPAN dan  RB. Formasi yang akan diusulkan sesuai hasil Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) yang dilakukan Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala).

Jumlah formasi yang diajukan sekitar 206 formasi CPNS. Diantaranya 23 formasi untuk kebutuhan khusus seperti penyelidik bumi, auditor, polhut, petugas survei dan pemetaan hutan, dokter spesialis jiwa, dokter spesialis RSUD, akuntan, penganalisis standarisasi produk pariwisata, pengkaji rekayasa budaya, ahli geologi vulkanologi.

Kemduian, tenaga surveyor geologi pertambangan, perekayasa alat tepat guna, pemantau potensi wisata, penganalisis dampak lalu lintas jalan, penata laksanaan konservasi kawasan lindung dan terumbu karang. Sebanyak 89 CPNS untuk tenaga kesehatan dokter spesialis yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah DR. M Yunus (RSMY) dan Rumah Sakit Jiwa Soeprapto. Sementara 117 CPNS lagi tersebar di 21 formasi lainnya.

Junaidi menjamin penyelenggaraan tes CPNS akan bersih jauh dari suap, karena sistem rekrut dengan menggunakan dewan konsorsium yang melibatkan 10 perguruan tinggi yang langsung ditunjuk oleh pusat, yang menentukan kelulusan tes CPNS. \"Seperti di Lebong-kan jelas baik,\" pungkasnya.(100)

Tags :
Kategori :

Terkait