Timsel Bawaslu Panggil Kaum Perempuan Ikuti Seleksi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota

Selasa 23-05-2023,16:13 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Bengkulu mengajak kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu periode 2023-2028 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Timsel Zona 1 meliputi Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Kaur, Seluma dan Kota Bengkulu, Heri Supriyanto, Senin (22/5/2023) di Sekretariat Timsel Bawaslu, Hotel Raffles, Kota Bengkulu.

Menurutnya, keterwakilan perempuan sebagai penyelenggara pemilu masih sangat minim. 

Sehingga dengan telah dibukanya pendaftaran anggota Bawaslu kabupaten/kota ini, keterwakilan perempuan dapat mendaftarkan dirinya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Bengkulu Dibuka, Cek Jadwal di Sini!

BACA JUGA:Target Partai Gerinda Menang Pemilu, Suharto Siap Rebut Kursi Ketua DPRD Provinsi Bengkulu

"Khususnya kaum hawa ini sedikit sekali pesertanya dan ini memprihatinkan. Saya berharap informasi yang di publish oleh media dapat memanggil kaum-kaum perempuan untuk tampil ," ujar Heri Supriyanto.

Ia menambahkan berdasarkan peraturan yang ada, keterwakilan perempuan sebagai penyelenggara pemilu sebanyak 30% dari jumlah pendaftar.

Apabila kouta tersebut tidak terpenuhi, maka Timsel akan melakukan perpanjangan masa pendaftaran bagi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Bengkulu.

Perpanjangan ini sambungnya, hanya diperuntukkan bagi pendaftar perempuan. Apabila setelah perpanjangan dilakukan, namun Kouta keterwakilan perempuan tidak tercukupi, maka Timsel akan melanjutkan tahapan yang ada.

"Minimal 30 persen keterwakilan perempuan. Apabila tidak mencukupi maka pendaftaran akan di perpanjang," pungkasnya.

Sementara itu, berkaca dari pendaftar perempuan pada calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu tempo hari, 30% keterwakilan perempuan tidak tercukupi.

Sehingga, dilakukan perpanjangam selama 3 dan dari perpanjangan itu barulah Kouta 30% perempuan terpenuhi. (Tri).

Kategori :