Meriahkan HUT Basarnas, Sumbang Puluhan Kantong Darah dan Bersih Pantai

Jumat 24-02-2023,14:51 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menyambut Hari Ulang Tahun Basarnas ke 51 tahun 2023, Basarnas Bengkulu melakukan sejumlah rangkaian kegiatan, Jumat (24/2/2023).

Puncak HUT Basarnas sendiri diketahui akan dilaksanakan pada 28 Februari 2023 mendatang. Namun serangkaian acara telah dilakukan sejak beberapa hari kemarin, seperti donor darah hingga bersih-bersih pantai.

Kepala Kantor Basarnas Bengkulu M Arafah mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan suatu upaya menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kesadaran kepada publik untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih terutama di kawasan Pantai Panjang Bengkulu. 

Menurut data hasil pemantauan KLHK, total sampah nasional pada tahun 2021 yaitu sebanyak 68.5 juta ton dan Peresentase sampah plastik sebanyak 17 persen dari atau sekitar 11,6 juta ton.  

BACA JUGA:Mayoritas Truk di Kota Bengkulu ODOL, PAD Sektor KIR Bakal Menurun

BACA JUGA:Bupati Kaur Ajak Makmurkan Masjid, Lismidianto: Kita Perdalam Ilmu Agama

Termasuk di kawasan Pantai Panjang Bengkulu, sampah plastik juga banyak ditemukan yang berasal dari pedagang atau pembeli di Pantai Panjang. 

"Hari ini kegiatan bersih-bersih pantai yang kita lakukan dengan menggandeng sejumlah lembaga maupun organisasi di Bengkulu," kata M Arafah.

Arafah mengatakan, selain melakukan kegiatan bersih-bersih pantai, pihaknya juga melakukan kegiatan senam serta lomba foto kontes bagi seluruh anggota Basarnas Bengkulu dengan tema ayahku hebat.

Sementara dari, dari kegiatan aksi donor darah yang dilakukan oleh seluruh personel Basarnas pihaknya mampu mengumpulkan puluhan kantong darah.

"Sebelumnya kita melakukan kegiatan donor darah dan berhasil menyumbangkan sebanyak 34 kantong darah dan semoga darah yang kita sumbang dapat bermanfaat bagi orang banyak," tutup M Arafah. (Tri)

Kategori :