Jaga Kelestarian, Kapolda Bengkulu Lepas 460 Ekor Tukik di Pantai Kaur

Rabu 09-09-2020,20:44 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

KAUR SELATAN, bengkuluekspress.com - Sebanyak 460 ekor tukik atau yang lebih dikenal anak penyu, dilepas di pantai pengubaian Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur, Rabu (9/9). Pelepasan ratusan ekor tukik itu langsung dilakukan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono M Si jajaranya dan Sekda Kaur, Ketua Bayangkari, Ketua KPU, Bawaslu, Danpos AL, Pabung serta Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Kabupaten Seluma.

“Untuk tukik yang kita lepas bersama bapak Kapolda dan jajaran itu ada 460 ekor, dan tukik ini merupakan hasil penangkaran kita selama ini,”kata Kasi Konsirpasi wilayah II BKSDA Bengkulu Mariska Taran Tuna S Hut M Si, Rabu (9/9).

Dikatakannya, ratusan tukik jenis lekang ini yang baru berumur 20 hari ini. Diharapkan dengan dilepasnya anak tukik ini ia mengimbau kepada warga Kaur yang menemukan telur penyu untuk secara terbuka menyerahkan BKSDA atau ke penangkaran penyu.

“Saya minta kepada masyarakat agar bersama menjaga kepenuhaan penyu ini, sebab ini salah satu cara kita untuk melestarikan kepunahan penyu ini,”harapnya.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono juga menyampaikan, dimana pelepasan tukik yang dilakukan oleh dirinya dan rombongan di pantai pengubaian bertujuan untuk melestarikan kembali fauna laut khususnya fauna laut di Kabupaten Kaur yang saat ini telah banyak berkurang akibat aksi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang merusak ekosistem bagi fauna laut.

“Saya mengharapkan peran serta dari seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut sehingga fauna yang ada di lautan ini dapat dinikmati manfaatnya, karena kini keberadaan tukik ini sudah mulai puna,”tandasnya. (irul)

Tags :
Kategori :

Terkait