32 Desa Lagi Gelar Pemilihan BPD

Kamis 06-02-2020,11:36 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, BE – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Gianto SH menyampaikan, tinggal sebanyak 32 desa lagi yang belum menggelar pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Daerah (BPD). Sedangkan sebanyak 96 desa selsia digelar.

“Dari 128 desa yang akan melaksanakan pemilihan BPD. Sebanyak 96 desa telah melaksanakan. Tinggal 32 desa lagi,” katanya.

Disampaikannya, bagi 32 desa yang belum melaksanakan pemilihan BPD, diminta untuk segera melaksanakan. Pihaknya menargetkan, akhir 2020 ini seluruhnya sudah selesai.

“Kami targetkan, akhir Februari semua desa sudah menggelar pemilihan BPD,”

katanya. Gianto juga meminta kepada desa - desa yang telah melaksanakan pemilihan BPD beberapa hari lalu, untuk lebih cepat melaporkan data hasil pemilihan. Termasuk juga bagi desa yang baru akan melaksanakan untuk segera melaporkan hasil pemilihan ke DPMD. Percepatan laporan itu untuk mempersiapkan pelantikan. Karena ada beberapa yang harus disiapkan sebelum pelantikan.

“Rencana pelantikan dilakukan serentak Februari mendatang,” katanya. Dijelaskannya, setelah DPMD menerima laporan hasil pemilihan BPD dari desa, pihaknya akan langsung menyusun draf Surat Keputusan (SK) pengangkatan. Diperkirakan untuk menyusun draf SK itu dibutuhkan waktu sekitar 14 hari. Selanjutnya, SK pengangkatan itu, setelah dari DPMD, akan diserahkan ke Bagian Hukum Setdakab Mukomuko, untuk ditelaah lebih mendetil lagi.

“Kami berharap akhir Februari ini, laporan hasil pemilihan BPD sudah masuk semua. Sekitar 3 Minggu proses SK. Dan sesegera mungkin Anggota BPD dilantik serentak,” demikian Gianto. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait