BPJS Gandeng Penyuluh Agama

Jumat 26-07-2019,14:58 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress- Berbagai upaya terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Curup dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Salah satunya yaitu dengan menggandeng penyuluh agama di Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara SSi menjelaskan, penyuluh agama yang mereka gandeng tersebut adalah seluruh penyuluh agama yang ada di bawah naungan kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong.

\"Penyuluh agama yang kita gandeng ini adalah seluruh penyuluh agama baik agama islam, agama kristen dan lainnya,\" ungkap Imam usai kegiatan sosialisasi program JKN - KIS kepada penyuluh agama se Kabupaten Rejang Lebong di Gedung Pola Pemkab Rejang Lebong Kamis (25/7) kemarin.

Imam berharap agar penyuluh agama yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tersebut bisa menjadi perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan dalam mensosialisasikan program JKN-KIS kepada masyarakat. Dengan adanya bantuan penyuluh agama ini, maka menurut Imam program JKN-KIS bisa menyasar hingga ke masyarakat yang ada di pinggiran yang jauh dari perkotaan. Karena Imam mengaku meskipun selama ini program sosialisasi sudah berjalan dengan maksimal, namun belum menyentuh hingga ke desa-desa yang jauh dari perkotaan.

Dengan dibantu oleh penyuluh agama, imam juga berharap bisa meningkatkan pemahaman masyarakat Rejang Lebong terkait dengan tata cara pendafaran program JKN-KIS serta bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal membayar iuran yang harus dibayarkan peserta setiap bulannya.\"Dengan penyuluh agama ini nanti, sembari memberikan penyuluhan agama mereka juga bisa mensosialisasikan program JKN-KIS yang merupakan program pemerintah,\" jelas Imam.

Lebih lanjut Imam menjelaskan, digandengnya para penyuluh agama untuk untuk ikut mensosialisasikan program JKN-KIS merupakan wujud partisipasi dan gotong royong yang menjadi prinsip dari program JKN-KIS. Sehingga menurut Imam semangat gotong royong yang selama ini digaungkan oleh BPJS Kesehatan bukan hanya dalam membayar iuran bulanan namun juga saat mensosialisasikan program JKN-KIS.

Untuk tahap awal, Imam mengaku BPJS Kesehatan Cabang Curup baru menggandeng penyuluh agama di Kabupaten Rejang Lebong. Namun kedepannya pihaknya juga akan melakukan hal yang serupa ditiga kabupaten lain yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup yaitu di Kabupaten Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara. \"untuk di kabupaten lain juga akan kita lakukan namun saat ini masih dalam tahap koordinasi dengan stakholder,\" demikian Imam.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait