Jelang Pilpres, 6.500 KTP Dibagikan

Selasa 02-04-2019,11:29 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

TAIS, Bengkulu Ekspress - Menjelang pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seluma, sudah membagikan sebanyak 6.500 lembar Kartu tanda penduduk elektronik (KTP –e). Kartu identiras milik warga yang belum sempat tercetak selama kurun waktu setahun terakhir. Kepala Disdukcapil Kabupaten Seluma Irzani Rosid Msi kepada BE kemarin (1/4) menuturkan, “Sebanyak 6.500 lembar fisik KTP-e warga yang sudah direkam dan belum diambil pemiliknya. E-KTP ini dibagikan kepada kades untuk diserahkan pada masing-masing warga.\'\'

Pembagian KTP-e ini sudah berlangsung sejak seminggu terakhir. KTP-e ini milik warga yang sebelumnya sudah melakukan perekaman data, namun katunya belum dicetak. Warga selama ini hanya mendapatkan surat keterangan (suket). Saat ini, Dosdukcapil tak bisa lagi mengeluarkan suket, karena belum diperbolehkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Birokrasi Reformasi (Kemen-PAN RB).

Hingga saat ini KTP-e di kabupaten Seluma sudah melakukan perekaman berjumlah 14. 4637 ribu. Dimana saat ini Disdukcapil sudah menerbitkan KTP-e kepada warga berjumlah 14.51904 ribu. Sehingga masih terdapat warga yang belumlah memiliki KTP-e diminta untuk mendapati dinas kependudukan dan catatan sipil untuk melakukan perekaman.

“Mamang terkendala pada jaringan, sehingga sesudah perekaman tersebut haruslah menunggu terlebih dahulu. Mengingat data yang di rekam tersebut akan di kirim ke pusat untuk di verifikasi. Namun jika memang sudah di verifikasi barulah bisa dilakukan pencetakan,”bebernya.

Irzani menambahkan, kepada warga Seluma yang belum melakukan perekaman dan pencetakan serta pelayanan lainnya untuk dapat mendatangi Disdukcapil pada hari sabtu dan minggu. Mengingat pada hari libur ini pelayanan tetap buka dan diberikan kepada warga. “Pada hari Sabtu dan Minggu ini kita tetap membuka pelayanan dan pada hari ini pelayanan cepat dan jauh lebih maksimal. Perekaman dan langsung bisa cetak KTP-e warga tersebut. Mengingat jaringan akses termasuk lancar,”pungkasnya kemarin.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait