Sakit Komplikasi, Bocah Rafa Butuh Uluran Tangan

Selasa 05-03-2019,08:19 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Muhammad Rafa, bocah berumur 4 tahun pasangan Adelio Septia Budi dan Selvia membutuhkan uluran tangan dari masyarakat Kota Bengkulu. Bocah tersebut menderita penyakit komplikasi sehingga menyebabkannya tidak bisa melihat, tidak bisa mendengar, dan perutnya membesar karena gizi buruk.

Bahkan saat masih umur 6 bulan, jantung Rafa bocor sehingga harus mendapatkan perawatan intensif di Jakarta. Dengan kondisi tersebut tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan keluarga Rafa untuk merawat Rafa.

Diceritakan Budi Susanto Kakek dari Rafa, cucunya tersebut sudah pernah dirawat di rumah sakit di Jakarta untuk mengobati penyakit jantung bocor. Saat itu, Pemerintah Kota Bengkulu, memberikan bantuan. Dari pemeriksaan tersebut, dokter di Jakarta menemukan penyakit lain mulai dari gizi buruk, tidak bisa mendengar dan tidak bisa melihat.

\"Dulu waktu umur 6 bulan dirawat sampai 4 bulan di RSUD M Yunus karena muntah darah (jantung bocor). Setelah dibawa ke rumah sakit di Jakarta, baru tahu ada penyakit lain mulai dari gizi buruk dan tidak bisa mendengar. Kalau tidak bisa melihat kita sudah tahu waktu di Bengkulu,\" jelas Budi yang tinggal di Jalan Sumbawa RT 15 No 37 Kelurahan Sukamerindu, Kecamatan Teluk Segara.

Setelah pulang dari Jakarta, penderitaan Rafa belum selesai. Perutnya mulai membesar, karena gizi buruk. Keluarga Rafa kembali membawa Rafa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Dokter mengatakan Rafa harus menjalani operasi untuk mengobati infeksi di dalam perut. Saat ini keluarga Rafa masih menunggu jadwal operasi tersebut. Tentunya untuk biaya operasi sebagian ditanggung BPJS. Tetapi untuk biaya sehari-hari di Jakarta keluarga Rafa masih mencari tambahan.

\"Ya kalau biaya operasi mungkin bisa sebagian ditanggung BPJS, tetapi untuk biaya sehari-hari disana pasti mahal,\" imbuh Budi.

Jika hanya mengandalkan hasil menjual pakaian Budi mengaku tidak cukup. Terlebih lagi dirinya juga mengurusi adik Rafa yang umurnya masih 2 tahun. Biaya sehari-hari Rafa saja cukup besar untuk membeli susu khusus. Untuk saat ini jelang operasi kondisi Rafa sedikit lebih baik. Perutnya tidak lagi membesar, hanya kadang-kadang saja perut tersebut tiba-tiba membesar.

\"Dia tidak makan nasi hanya kadang-kadang, susu khusus yang diberikan,\" pungkas Budi.Bagi siapa saja masyarakat Kota Bengkulu dan sekitarnya yang ingin menyisihkan rezekinya untukmeringankan keluarga Rafa bisa menghubungi nomor telepon 082387385377. (167)

Tags :
Kategori :

Terkait