Ratusan Rumah Mulai Direhab

Rabu 24-10-2018,11:23 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

TAIS, Bengkulu Ekspress- Sebanyak 424 unit rumah warga yang tergabung dalam bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), khusus bagi warga kurang mampu tahap ke II sudah mulai direhab. Untuk rehab tahap I hampir keseluruhannya sudah dikerjakan. Hanya tinggal menyisakan proses administrasi semata. Sedangkan, tahap kedua sudah mulai dikerjakan pada 10 desa dan 6 kecamatan di Kabupaten Seluma.

\'\'Khusus untuk tahap awal di Desa Sidosari dan Sumber Arum, sudah keseluruhan selesai,\" kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Perkim) Saparudin MSi kepada Bengkulu Ekspress kemarin (23/10).

Dijelaskan, pekerjaan rehab tahap ke II sejauh ini ada yang masih teken kontrak kerja dari kelompok dan masyarakat beserta penyedia material kerja. Beberapa desa lainnya sudah mulai melakukan pemasangan pondasi rumah ataupun memasukkan material dengan nominal harga Rp 15 juta per orang. Terbanyak penerima program ini warga Desa Rimbo Kedui dengan jumlah unit sebanyak 40 rumah. \"Penerima tersebar di 10 desa dengan total 242 rumah warga yang dilakukan perbaikan yang tidak terfokus pada satu kecamatan saja,\" bebernya.

Dalam waktu dua bulan kedepan dipastikan program rehab rumah ini selesai secara keseluruhan. Mengingat masa kerja penyelesaian rehab masih tersisa dua bulan kedepan dan wajib selesai. \"Program ini harus berjalan dan selesai di Desember ini. Kedepannya program ini kembali bergulir dengan jumlah rumah yang direhab lebih banyak. Untuk 2019, rumah yang direhab berjumlah 200 unit,\" sampainya.

Pogram BSPS di Kabupaten Seluma, 2018, mengalami penambahan. Tahun sebelumnya, hanya dua desa yang diakomodir mendapatkan program ini sebanyak 230 penerima. Di Desa Sidosari berjumlah 129 penerima, sedangkan, pada Desa Sumber Arum sebanyak 101 penerima. Pada pertengahan tahun 2018, kembali diakomodir dengan jumlah 242. Dengan jumlah desa penerima sebanyak 10 desa di 6 kecamatan. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait