Perkuat Fungsi Pengawasan, Himpunan Mahasiswa D3 Jurnalistik Dan PWI Bengkulu Gelar Diskusi Publik

Perkuat Fungsi Pengawasan, Himpunan Mahasiswa D3 Jurnalistik Dan PWI Bengkulu Gelar Diskusi Publik

\"himaBENGKULU, bengkuluekspress.com - Himpunan Mahasiswa D3 Jurnalistik (Himastik) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu, Sabtu (03/03/18) menggelar Diskusi Publik bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu.

\"HIMAAcara yang digelar dengan tema \'Media Sebagai Pengawal Pembangunan Daerah Untuk Kesejahteraan Masyarakat : Mencerdaskan Masyarakat Melalui Keterbukaan Informasi Menghindari Konflik Sosial Dalam Membangun Kota Bengkulu\' itu dibuka secara resmi oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni, dan menghadirkan 4 pembicara yang kompeten dibidangnya, Yakni dari Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinasnya Medy Pebriansyah, Dari Bapelitbang Nurhidayati, Dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Benny Ardiansyah, serta dari PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antoni.

Ketua panitia pelaksana acara, Yudha Triatmaja dalam sambutannya menyampaikan acara ini dilaksanakan dengan harapan dapat Memberikan pemahaman bahwa Pers memberitakan fakta atas pemberitaan yang ada terutama terkait perkembangan pembangunan.

\"Jurnalistik merupakan pilar keempat setelah Lembaga Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif, kami menggelar acara ini dengan harapan dapat memberikan pemahaman bahwa Pers memberitakan fakta atas pemberitaan yang ada terutama terkait perkembangan pembangunan. Lebih dari itu, kami pun berharap setelah acara ini, pentingnya pembangunan di kota Bengkulu serta antisipasi potensi munculnya konflik sosial atas upaya pembangunan dapat lebih dipahami oleh masyarakat. Dan tentunya, kedepan kami para jurnalis, pers, ingin dapat bekerja sama dengan mahasiswa, ormas, dan masyarakat untuk bersama-sama mengawal pembangunan yg ada di Bengkulu ini,\" ujar Yudha Triatmaja.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PWI Zacky Antoni, menurutnya selain sebagai alat kontrol sosial, pers juga harus menjalankan fungsi pentingnya mengawal pembangunan daerah.

\"Bad news is a good news, di era sekarang sudah tidak relevan lagi. Good news is a good news. Berita baik di Pemerintahan ya harus diberitakan dan disampaikan kepada publik. Pers saat ini sudah menjelma menjadi pilar ke 4, maka harus memberikan kontribusi dalam mengawal pembangunan,\" ujar Zacky Antoni.

Usai dibuka secara resmi oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu, acara Diskusi Publik tersebut dibuka dengan penyampaian materi dari para pembicara. Kemudian para peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum pun bergantian melemparkan pertanyaan kepada para pembicara yang dihadirkan dalam acara yang digelar di Hotel Santika tersebut. (ibe/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: