CJH Ikuti Tes Kebugaran

CJH Ikuti Tes Kebugaran

LEBONG, Bengkulu Ekspress - Pastikan kesehatan dan kebugaran, para Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Lebong, sebanyak 30 orang mengikuti tes kebugaran dengan metode Rockport yang merupakan metode standar untuk tes kebugaran para CJH yang masuk di wilayah pemeriksaan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Muara Aman.

Tes kebugaran sendiri merupakan rangkaian dari kegiatan pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya yaitu mengenai riwayat kesehatan, riwayat penyakit sebelumnya, riwayat penyakit sekarang dan pemeriksaan Labiratorium. Dimana tes Kebugaran dilaksanakan kemarin (26/2) di kawasan lapangan Hatta Lebong.

Kepala Puskesmas Muara Aman Kabupaten Lebong, dr Ari Afriawan, mengatakan dalam tes Kebugaranyang diikuti oleh 30 CJH, ada beberapa kegiatan yang dilakukan. Dimulai dengan 7 pertanyaan awal yaitu Screening faktor resiko meliputi Tensi terlalu tinggi, riwayat CHF, Angina, masalah persendian hingga konsumsi obat rutin.

\"Itu yang harus diketahui oleh tim kesehatan kepada para CJH,\" jelasnya, kemarin (26/2).

Setelah mengikuti tes pertanyaan, selanjutnya para CJH melakukan aktifitas berlari dan berjalan kaki sepanjang 1,6 kilometer, dengan mengukur waktu serta penyesuaian tingkat usia para CJH, sehingga bisa dinilaitingkat kebugaran para CJH.

\"Karena semakin tua para calon, maka tngkat kebugarannya harus lebih diperhatikan agar nanti ketika melaksanakan ibadah Haji, bisa berjalan dengan baik,\" ujarnya.

Dari hasil tes Kebugaran yang dilakukan, ada beberapa catatan atau rekomendasi dari tim medis yang melakukan pemeriksaan terhadap CJH yaitu para CJH harus memperbanyak latihan jalan dirumah atau di kawasan sarana olahraga yang ada. \"Selain itu para CJH harus rutin mengontrol kesehatan mereka sebelum berangkat ibadah haji nantinya,\" tuturnya.

Salah satu CJH, Amir Hamzah (60) ketika dianjurkan untuk terus memperbanyak jalan kaki dan memeriksa kesehatan, mengatakan apapun anjuran dari tim medis akan ia lakukan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan agar ketika dirinya melaksanakan ibadah haji, bisa khusuk tanpa ada masalah kesehatan.

\"Saya minta kepada semua doakan saja saya bisa berangkat haji,\" pintanya, di depan para tim medis. (614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: