Bengkulu Utara Siapkan 200 Ha Untuk Agro Techno Tourisme Village Park

Bengkulu Utara Siapkan 200 Ha Untuk Agro Techno Tourisme Village Park

Program Satu-Satunya di Indonesia

PADANG JAYA, Bengkulu Ekspress - Keberhasilan dalam inovasi teknologi organik pengembangan jagung di  BPPTP Kurotidur Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara membuat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tengah mempersiapkan tranformasi BPPTP Kurotidur menjadi Agro Techno Tourisme Village Park (ATTVP). Program ini akan dikembangkan tahun 2017 ini, diatas lahan seluas 200 Hektare dan bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

‘’Luasannya itu, 200 Hektare. Dan satu-satunya di Indonesia. Visibility Study nya, telah dilaksanakan 2017 ini,’’ ujar Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian kepada Bengkulu Ekspress ditemui, Sabtu (7/10).

Bupati menambahkan Agro Techno Tourisme Village Park akan menjadi pusat agro teknologi dan turis. Artinya, pengembangan teknologi tepat guna dalam peningkatan produksi pertanian akan dikombinasikan dengan menjadikan lokasi itu sebagai tujuan wisata. Sehingga menjadi suatu daya tarik dan nilai jual bagi tambahan pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

‘’Pusatnya disitu. Jadi semua orang nanti, akan belajar ke Bengkulu Utara. Sehingga Bengkulu Utara akan lebih dikenal. Dan ini akan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar,’’ ungkapnya.

Bahkan Bupati menyampaikan rencana Agro Techno Tourisme Village Park ini akan bersinergi dengan Agro Mina Politan yang  saat ini sedang berjalan di Kecamatan Padang Jaya.  Diharapkan melalui berbagai program yang membangun, dapat mewujudkan kemajuan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara.

‘’Ini akan menjadi gaungnya bagi Kabupaten Bengkulu Utara. Kita terus berupaya mendatangkan berbagai program kerjasama dengan pemerintah pusat untuk kemajuan Bengkulu Utara,’’ terangnya.

Bupati juga mengaku pemerintah daerah juga sanggup mempersiapkan lahan tambah, jika lahan saat ini dianggap masih kurang.‘’Kalau memang di lokasi itu masih kurang. Pemerintah daerah siap memfasilitasi untuk mencari lahan tambahan. Tapi tidak dilokasi saat ini,’’ pungkasnya.

Pelaksanaan panen perdana pengembangan jagung dengan inovasi teknologi organik untuk mendukung mandiri pangan desa di BPPTP Kurotidur dihadiri langsung Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Anwar Sanusi, Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian dan undangan lainnya.(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: