Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Peringati 1 Muharam 1439 H

Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Peringati 1 Muharam 1439 H

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Dalam rangka memperingati tahun baru Islam, 1 Muharam 1439 Hijriyah, Kementerian Agama (Kemenag) Kaur berkerjasama dengan Pemkab Kaur, Senin (25/9), menggelar pawai keliling. Pawai diikuti ribuan siswa-siswi dari sekolah di bawah naungan Kemenag mulai dari MAN, MTsN dan swasta, MI serta masyarakat, dengan mengelilingi Kota Bintuhan berjalan kaki. Pawai dilepas oleh Wabup Kaur, Hj Yulis Suti Sutri di depan Masjid Al-Kahfi Bintuhan.

“Tujuan kegiatan ini untuk menggugah generasi muda Islam agar memahami dan memaknai tahun hijriyah dengan hal-hal positif,” kata Wabup Hj Yulis Suti Sutri yang diwakilkan kepada Sekda Kaur, Nandar Munandi SSos MSi, kemarin (25/9).

Dikatakan Sekda, pawai keliling 1 Muharam ini sebagai salah satu bentuk syiar Islam dalam menghayati pelaksanaan hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW dari Mekkah menuju Madinah. Juga ia mengingatkan kepada seluruh peserta pawai untuk memaknai peringatan tahun baru Islam sebagai renungan dan koreksi untuk mengamalkan ajaran agamanya secara lebih baik.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya pawai keliling yang dimeriahkan ribuan peserta ini bisa menggugah dan mengajak umat muslim untuk lebih meningkatkan amal ibadahnya di tahun yang baru,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kaur Drs. Herli Suherli mengatakan, peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut 1.000 orang lebih, terdiri dari siswa dan guru dari beberapa sekolah madrasah yang ada di Kaur, serta masyarakat. Kegiatan digelar sebagai upaya Kemenag bersama DMI dan Pemda Kaur mengingatkan terhadap siswa khususnya, tentang sejarah dari nilai-nilai satu Muharam yakni hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Dari hasil pantauan Bengkulu Ekspress kemarin (25/9), pawai keliling yang digelar sekitar pukul 08.00 WIB, selain dihadiri oleh Wabup dan Sekda, juga dihadri Kapolres Kaur, Ketua MUI Kaur serta beberapa kepala OPD. Kegiatan ini juga menjadi perhatian warga Kota Bintuhan dan sekitarnya. Karena selain diikuti ribuan pelajar dan TPA, juga dimeriahkan drum band dari MAN Bintuhan, MIN Bintuhan dan juga MTsN Bintuhan. Rute yang dilintasi oleh rombongan pawai yakni Kampung Masjid, Kepala Pasar, Pasar Inpres, Pasar Baru baru kembali lagi ke lapangan Merdeka Kota Bintuhan. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: