PDAM Dapat Biaya Kompensasi

PDAM Dapat Biaya Kompensasi

\"PDAM\"KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) PT Tropisindo Sumber Energi (TSE) menggunakan bahan baku air dari sumber air PDAM Tirta Alami. Pasokan air untuk menggerakan turbin pembangkit listriknya akan disuplai dari sumber air PDAM Tirta Alami di Desa Sukasari Kecamatan Kabawetan.

Dengan menggunakan sumber air PDAM, maka PT TSE memberikan kompensasi kepada perusahan plat merah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.

\"Besaran kompensasinya antara Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta, kita tidak bisa mengambil lebih dari itu,\" ungkap Pjs Dirut PDAM Tirta Alami Kepahiang, Karmolis ST. Menurutnya, penarikan dana ke PT TSE baru dilaksanakan setelah PLTMH milik perusahaan swasta tersebut beroperasional.

\"Biaya itu hanya sebatas dana perawatan sumber air, kita tidak bisa tarik yang lainnya,\" ujar Karmolis.

Saat pembangunan PLTMH sekarang, sudah banyak permasalahan terjadi terutama menyakut kerugian ditubuh PDAM Tirta Alami. Akibat kerusakan-kerusakan pipa karena kecelakan kerja karyawan pelaksanaan pembangunan PLTMH. Bahkan pihak PDAM sendiri harus menanggung kerugian hingga ratusan juta. Sebab pelanggan di Kecamatan Tebat Karai dan Bermani Ilir mencapai 3720 orang tidak membayar biaya bulanannya setelah suplai air ke rumah warga terputus akan kerusakan pipa.

\"Itu yang sudah terjadi, kekhawatiran sekarang kerusakan kedepan, siapa yang harus bertanggungjawab,\" ucap Karmolis. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: