Dugaan Penyelewengan DD Semakin Kuat

Dugaan Penyelewengan  DD Semakin Kuat

\"Dugaan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Indikasi dugaan penyelewengan dana desa yang dilakukan Kepala Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang, semakin menguat. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong, Dr Hambali MPd MH. Menurut Hambali, semakin menguatnya indikasi penyelewengan dana desa tersebut, setelah Inspektorat Kabupaten Rejang Lebong bersama sejumlah pihak terkait lainnya melakukan pengecekan langsung di Desa Kepala Curup pada Selasa (25/7) kemarin. Masih menurut Hambali, semakin kuatnya indikasi penyelewengan yang dilakukan apara Desa Kepala Curup, terlihat dari bangunan drainase yang dalam proses pembangunannya menggunakan dana desa. Menurut Hambali salah satu kejanggalan dalam proses pembangunan drainase yaitu hasil pembangunan di lapangan diduga kuat tidak sesuai dengan draft pembangunan.

\"Indikasi pembangunan drainase tidak sesuai dengan draft kita lihat dari bangunan lantai drainasenya, namun kalau untuk panjang sesuai dengan draft,\" tambahnya. Kejanggalan pada dasar drainase sendiri, menurut Hambali terlihat dari ketebalan lantai drainase sendiri yaitu hanya setebal 3 CM padahal dalam draftnya setebal 10 CM. Dengan melihat kondisi tersebut, maka menurut Hambali ada kemungkinan besar kerugian negara yang ditimpulkan dalam proses pembangunan tersebut.

Dengan adanya temuan tersebut, maka menurut Hambali langkah selanjutnya yang akan diambil oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Rejang Lebong yaitu menghitung nominal dari kerugian negara yang disebabkan oleh pembangunan drainase di Desa Kepala Curup tersebut.

\"Saat ini kita masih fokus menghitung dugaan kerugian negaranya dulu, nanti baru kita ambil langkah selanjutnya apakah akan mengembalikan atau justru akan kita bawa ke jalur hukum,\" demikian Hambali. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: