Kekurangan Ratusan Guru SD

Kekurangan Ratusan Guru SD

\"Inspektur

TUBEI,Bengkulu Ekspress - Inspektur Inspektorat Kabupaten Lebong, Tina Herlina MM mengungkapkan, rata-rata Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Lebong mengalami kekurangan Guru. Totalnya mencapai 200 orang guru dari seluruh SD yang ada di Kabupaten Lebong. \"Berdasarkan data dari 3 Irban di Inspektorat, kekurangan guru SD ini bukan hanya wilayah pinggiran, namun juga terjadi disekolah yang berada didekat pusat kota. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kemampuan anak didik mendapatkan pelajaran,\" ujar Tina. Ditambahkannya, penyebab utama terjadinya kekuranan guru di Kabupaten Lebong karena banyaknya tenaga pengajar yang pindah ke daerah luar. Sementara jumlah guru yang masuk ke Lebong sangat sedikit.

\"Rata-rata tenaga guru yang pindah merupakan PNS baru. Setelah mereka lulus PNS dan mengabdi selama 2 sampai 4 tahun mereka mengajukan pindah ke darah lain. Sedangkan yang masuk ke Lebong hanya sedikit. Ditambah dalam beberapa tahun belakangan ini tidak ada penerimaan PNS akibat moratorium,\" ujar Tina.

Kedepan diharapkan pengajuan perpindahan PNS terutama tenaga guru dari Lebong bisa menjadi perhatian serius pihak Sekolah maupun Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Harus lebih selektif untuk menyetujui usulan perpindahan PNS terutama tenaga guru.

\"Cukup banyak alasan bagi PNS mengajukan perpindahan, namun kalau melihat kondisi sekarang perpindahan PNS jadi momok bagi dunia pendidikan kita. Harus selektif. Jika ada yang mengajukan usulan perpindahan. Kita juga berharap usulan tenaga Guru dapat disetujui jika ada penerimaan CPNS,\" demikian Tina.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: