Pemkab Sediakan Traktor Gratis

Pemkab Sediakan Traktor Gratis

TAIS, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma, memberikan perhatiannya kepada petani melalui Dinas Pertanian Kabupaten Seluma. Dengan menyediakan 5 traktor yang bisa digunakan pertani secara gratis dengan sistim pinjam pakai melalui kelompok tani (poktan). Traktor berukuran besar ini disiagakan di Dinas Pertanian guna mempermudah petani membuka lahan dan membajak sawah yang berhamparan cukup luas.

“Kelompok tani harus memasukkan permohonan dan menyediakan operatornya. Barulah traktor bisa dipinjam pakaikan pada kelompok tani tersebut,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Marah Halim SP MP Msi melalui Sekretaris Ir Marvem kepada BE kemarin (18/7)

Traktor berwarna biru tersebut bantuan dari Kementerian Pertanian. Traktor tersebut tidak diserahkan ke kelompok tani sebagai bantuan. Melainkan tetap menjadi aset milik Pemkab Seluma. Dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Perubahan tahun ini dan APBD Murni 2018, Dinas Pertanian memasukkan anggaran perawatan traktor tersebut.

Disamping itu, Dinas Pertanian juga mengusulkan pelatihan bagi tenaga operator traktor ini. Sehingga setiap kelompok memiliki tenaga operator sehingga penggunaan traktor bisa lebih gampang. Sayangnya, sejauh ini tenaga operator ditingkat kelompok tani tersebut belum ada. Hal menimbulkan kekhawatiran bagi Dinas Pertanian. “Setidaknya satu orang operator yang mengerti traktor ini saja sudah cukup. Ini menjadi tugas kita untuk bisa mengalokasikan anggran kedepannya,”ujarnya

Usulan anggaran perawatan traktor bantuan dari kementrian ini diharapkan bisa disetujui tim anggaran pemerintah daerah (TPAD) Pemkab Seluma dan Badan Anggaran DPRD Seluma, yang membahas APBD. Mengingat traktor ini merupakan reward dari Kementerian Pertanian atas prestasi Kabupaten Seluma dibidang pertanian. Kabupaten Seluma langung mendapatkan bantuan traktor setelah penandatanganan CPNS penyuluh pertanian beberapa bulan lalu, yang langsung diterima Bupati Seluma Bundra Jaya.

“Ini diterima langsung oleh bupati seluma sebagai apresiasi dalam menjemput bola pengangkatan CPNS Penyuluh pertanian,” ujarnya singkat. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: